Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Membuat Sambel Terong Hijau Anti Gagal!

Bosen sama sajian makanan yang itu-itu saja? Mari coba resep sambel terong hijau ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! sambel terong hijau cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan pesta.

Sambel Terong Hijau

Pada umumnya orang malas mulai memasak sambel terong hijau karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel terong hijau! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Tumis Ikan Asin Terong Ijo enak lainnya. Resep Sambal Terong - Salah satu resep khas nusantara yaitu sambal atau sambel. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini utamanya adalah terong atau terung.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat memasak sambel terong hijau hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sambel terong hijau!

Untuk membuat Sambel Terong Hijau, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan 2 bh of terong hijau.
  2. Sediakan 4 bh of bawang putih.
  3. Sediakan 8 bh of bawang merah.
  4. Gunakan 7 bh of cabai merah.
  5. Diperlukan 10 bh of cabai rawit (selera).
  6. Diperlukan 1 bh of tomat.
  7. Siapkan 1 bh of miri.
  8. Ambil 2 of lb daun salam.
  9. Gunakan 2 of lb daun jeruk.
  10. Siapkan of Lengkuas, kunir, serai (secukupnya).
  11. Diperlukan of Garam, gula jawa, penyedap rasa (secukupnya).

Majlis Sambel Terong (MASTER) adalah forum pengajian para santri, alumni, dan. Sambal Hijau Ikan Bilis dan Petai. Ambil cabe hijau besar, cabe rawit hijau, tomat hijau, bawang merah dan bawang putih, kemudian Sambal terong sangat ouler dan memiliki banyak penggemar di daerah jawa. RESEP SAMBAL - Nggak lengkap rasanya kalau makan nggak pakai sambal.

Proses menghidangkan Sambel Terong Hijau:

  1. Siapkan semua bahan. Potong terong dan kupas bawang putih, bawang merah, kunir..
  2. Goreng terong, tiriskan. Lalu haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, tomat, kunir..
  3. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus, setelah harum, masukkan daun salam, jeru dan lengkuas..
  4. Tambahkan sedikit air, lalu tambahkan garam, gula, penyedap rasa(secukupnya) lalu tes rasa. Setelah mendidih, masukkan terong yg sudah digoreng. Aduk dan tunggu sebentar biar bumbu meresap..
  5. Jadilah sambel terong, angkat pindahkan ke piring saji. Sambel terong siap untuk dinikmati 😃.
Sambal seolah menjadi pelengkap yang nggak bisa dipisahkan untuk masyarakat Indonesia. Terong satu ini amat cocok diolah menjadi sambal terong, terong balado, hingga olahan terong krispi. Jenis terong terpopuler di Indonesia yang terakhir adalah terong hijau. Wah kali ini resep yang akan saya bagikan agak mengerikan buat sebagian orang kali ya, hi hi hi ada jengkolnya soalnya.

Mudah bukan membuat sambel terong hijau? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close