Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kue Pepe Tapioka (Lapis kukus/Lapis Betawi) yang Enak!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep kue pepe tapioka (lapis kukus/lapis betawi) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! kue pepe tapioka (lapis kukus/lapis betawi) pas untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap dan special.

Kue Pepe Tapioka (Lapis kukus/Lapis Betawi)

Kebanyakan orang malas mulai memasak kue pepe tapioka (lapis kukus/lapis betawi) karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue pepe tapioka (lapis kukus/lapis betawi)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Teman-teman dapat menyiapkan kue pepe tapioka (lapis kukus/lapis betawi) hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin kue pepe tapioka (lapis kukus/lapis betawi) yuk!

Untuk memasak Kue Pepe Tapioka (Lapis kukus/Lapis Betawi), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 7 sdm of tepung tapioka.
  2. Dibutuhkan 1 sdm of tepung pro sedang (Segitiga).
  3. Ambil 300 ml of santan (dari ¼ kelapa parut).
  4. Siapkan 8 sdm of gula pasir.
  5. Sediakan 1 sdt of garam.
  6. Ambil of Pewarna (bebas).
  7. Ambil Secukupnya of pasta pandan.
  8. Ambil 5 tetes of Pewarna Merah Rose.

Cara membuat Kue Pepe Tapioka (Lapis kukus/Lapis Betawi):

  1. Ambil seperempat kelapa parut, lalu airi dengan 300 ml air. Aku nakarnya pakai setengah botol mineral, karna gk ada gelas takar. Peras parutan kelapa, sisihkan santannya, lalu tambahkan gula pasir, dan garam. Kemudian masak santan dengan api sedang sambil di aduk-aduk.
  2. Setelah santan mendidih, matikan kompor, biarkan santan dingin. Siapkan wadah, campur tepung tapioka dengan tepung pro sedang. Disini aku rasa kue pepe ku agak terlalu lembek, mungkin jumlah tepung terigu nya boleh ditambah 1 sdm lagi klo mau recook. Jika santan di rasa sudah cukup dingin, campur santan ke tepung lalu aduk hingga tidak ada yang bergerinjil.
  3. Selama mengaduk adonan panaskan kukusan. Lapisi tutup kukusan dengan kain/serbet ya. Adonan nya memang encer, jadi gak usah di tambah tepung² lagi. Disini siapkan juga loyangnya, alasi loyang/cetakan dengan plastik (aku pakai plastik tomat kiloan), lalu oles dengan minyak sayur.
  4. Bagi-bagi adonan. Klo aku layer paling pertama warna hijau, ku ambil 2 centong adonan & di campur dengan seujung sdm pasta pandan. Lalu adonan ku bagi 2 lagi, yang 1 di campur warna merah rose dan yg 1 lagi polos.
  5. Jika kukusan sudah panas mulai kukus adonan. Kukus tiap lapisnya selama 10 menit dengan warna yang selang-seling sampai adonan habis. Dan di akhir lapisan, baru lah kukus dengan waktu 25-30 menit.
  6. Setelah 30 menit, biarkan kue mendingin di suhu ruang. Potong kue dengan pisau yg dilapisi plastik agar tidak lengket (aku pakai plastik bekas alas loyangnya).
  7. Jadi deh, si kenyal manis nan gurih untuk jadi camilan 😉.

Mudah bukan membuat kue pepe tapioka (lapis kukus/lapis betawi)? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close