Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Goreng Serai Tabur Daun Jeruk Kekinian

Ingin tau rahasia masak ayam goreng serai tabur daun jeruk yang nikmat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep ayam goreng serai tabur daun jeruk terbaik! Hadirkan ayam goreng serai tabur daun jeruk untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Ayam Goreng Serai Tabur Daun Jeruk

Kebanyakan orang takut mulai memasak ayam goreng serai tabur daun jeruk karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng serai tabur daun jeruk! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Ayam goreng menjadi salah satu makanan favorit orang-orang Indonesia. Rasanya gurih dipadukan dengan bumbu ungkep khas membuatnya semakin menggugah selera. Apalagi kalau ditambah serai, dijamin rasanya makin gurih.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat membuat ayam goreng serai tabur daun jeruk hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam goreng serai tabur daun jeruk yuk!

Untuk membuat Ayam Goreng Serai Tabur Daun Jeruk, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 2 potong of dada ayam (potong dadu).
  2. Dibutuhkan 3 batang of serai.
  3. Siapkan 3 lembar of daun jeruk.
  4. Ambil 2 sdm of tepung maizena.
  5. Diperlukan 2 sdm of saus tiram.
  6. Ambil 1 sdm of gula pasir.
  7. Sediakan 1 sdt of kecap ikan (fish sauce) skip kalo tidak ada.
  8. Diperlukan 1/4 sdt of garam.
  9. Sediakan of Bumbu halus:.
  10. Sediakan 4 siung of bawang putih.
  11. Dibutuhkan 1/4 sdt of lada butir.
  12. Siapkan 1 sdt of ketumbar butir.
  13. Siapkan secukupnya of minyak untuk menggoreng.

Inilah cara membuat dan resep ayam. Tambahkan daun salam, batang serai dan daun jeruk aduk hingga merata dan air mendidih. Setelah mendidih, masukan potongan daging ayam, masak sampai bumbu benar-benar meresap dan kuah mengering lalu angkat dan tiriskan. Gorenglah daging ayam dengan minyak panas sampai kering dan.

Langkah-langkah memasak Ayam Goreng Serai Tabur Daun Jeruk:

  1. Ambil bagian batang serai sampai ke bagian tengah, potong menjadi 3 bagaian. Tumbuk kasar hingga menjadi serabut-serabut..
  2. Uleg bahan bumbu halus..
  3. Buang bagian tengah daun jeruk, tumpuk daun menjadi satu, gulung, kemudian iris tipis untuk taburan..
  4. Siapkan ayam bagian dada yg sudah di potong dadu dalam wadah, (bisa pake paha atas tanpa tulang), masukan serai tumbuk, bumbu halus, gula pasir, garam, kecap ikan, saus tiram, dan tepung maizena. Aduk rata menggunakan tangan, peras2 dengan lembut, dan diamkan minumal 30 menit atau 2 jam..
  5. Panaskan minyak dan goreng ayam yg sudah didiamkan. goreng hingga kecoklatan, jika ada bagian bumbu serai yg kering lebih cepat bisa diangkat lebih awal..
  6. Setelah kecoklatan dan matang kemudian angkat dan tiriskan, lalu pindahkan ayam goreng ke wadah alumunium. taburi dengan irisan daun jeruk dan aduk rata..
  7. Ayam serai tabur daun jeruk siap disantap, disajikan dengan saus dan dimakan dengan nasi bakal jadi lebih isitimewa dan enak pastinya. 💪👍👍👍.
Anda dapat sajikan ayam goreng dalam resep ini untuk menu sehari-hari. Kreasi rasa dari bumbu yang berbeda tentu saja tak akan membuat bosan Lezatnya ayam goreng dengan bumbu sederhana biasanya enak sekali jika disajikan sebagai teman nasi dan sayur. Cara memasak: Ayam dibersihkan, kemudian lumuri ayam tersebut dengan air Sambil menunggu ayam, haluskan semua bumbu kecuali cabai rawit, daun jeruk dan serai. Ayam Goreng Serundeng, nikmat disantap dengan nasi hangat. Tambahan serundeng dari parutan kelapa memang menambah cita rasa gurihnya.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat ayam goreng serai tabur daun jeruk hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close