Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Soto Lamongan + Serbuk Koya Untuk Pemula!

Jenuh sama sajian makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep soto lamongan + serbuk koya ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! soto lamongan + serbuk koya, hidangan gampang dan cepat untuk dibuat. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Soto Lamongan + Serbuk Koya

Pada umumnya orang tidak berani memasak soto lamongan + serbuk koya karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto lamongan + serbuk koya! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Serbuk inilah yang jadi ciri khas soto Lamongan. Saat diaduk dengan kuah soto jadi sedikit kental. Soto lamongan adalah soto khas Lamongan, Jawa Timur, yang saat ini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Kalian dapat menghidangkan soto lamongan + serbuk koya hanya dengan menggunakan 33 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto lamongan + serbuk koya yuk!

Untuk membuat Soto Lamongan + Serbuk Koya, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of bumbu halus.
  2. Sediakan 3 cm of kunyit bakar.
  3. Diperlukan 2 buah of kemiri bakar.
  4. Diperlukan 2 cm of jahe bakar.
  5. Siapkan 5 siung of bawang merah.
  6. Sediakan 3 siung of bawang putih.
  7. Siapkan of bumbu aromatik.
  8. Diperlukan 3 of lb daun salam.
  9. Sediakan 5 of lb daun jeruk.
  10. Siapkan 2 btg of sereh, memarkan.
  11. Sediakan 1 cm of lengkuas, memarkan.
  12. Ambil of kuah.
  13. Diperlukan of ±2L air.
  14. Gunakan 1 1/2 sdt of garam.
  15. Dibutuhkan 2 sdt of gula pasir.
  16. Ambil 2 sdt of kaldu ayam bubuk.
  17. Sediakan of Serbuk Koya.
  18. Siapkan of kerupuk udang.
  19. Siapkan 2 siung of bawang putih.
  20. Diperlukan of pelengkap.
  21. Gunakan 1 ikat of soon.
  22. Dibutuhkan 1/2 potong of kool/kubis, iris halus.
  23. Dibutuhkan 1 buah of wortel, bentuk ½lingkaran.
  24. Dibutuhkan 2 genggam of kecambah.
  25. Gunakan 3 of lb daun bawang, iris halus.
  26. Ambil 2 bh of daun sledri, iris halus.
  27. Dibutuhkan 3 buah of dada ayam.
  28. Diperlukan 2 butir of telur rebus, belah 8 bagian.
  29. Dibutuhkan of bawang merah goreng.
  30. Gunakan 1 buah of tomat, belah 8bagian.
  31. Gunakan 1 buah of jeruk nipis, belah 8bagian.
  32. Sediakan of sambal segar.
  33. Gunakan of 5buah cabe merah.

Soto Lamongan adalah salah satu soto paling gurih karna mempunyai ciri khas koya udang yang tidak dimiliki oleh soto lainnya. Cara membuat soto lamongan taburan poya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan resep soto ayam dari daerah lain, namun bumbu soto ayam Yang membedakan antara soto ayam biasa dengan soto ayam lamongan adalah tambahan serbuk krupuk udang yang biasa disebut sebagai poya. Tahapan buat Koya Soto ala Dapur inyonG. Tahapan buat Koya Soto ala Dapur inyonG.

Cara memasak Soto Lamongan + Serbuk Koya:

  1. Siapkan bumbu halus dengan blender, lalu tumis sampai harum, dan sisihkan.
  2. Didihkan sedikit air, rebus ayam ±10menit, buang airnya, lalu rebus bahan kuah, masukkan ayam, lalu masukan bumbu halus dan semua bumbu aromatik, masak ±20menit, lalu test rasa.
  3. Sambil menunggu kuah, siapkan serbuk koya, goreng bahan sampai matang, lalu haluskan dan sisihkan.
  4. Siapkan bahan pelengkap, didihkan air panas, rendam soon, kubis, wortel, kecambah, cabe diamkan ±5menit, angkat dan tiriskan, untuk sambal bisa ditambahkan kuah soto, untuk ayam bisa langsung di goreng dan di suwir.
  5. Siapkan mangkuk, tata sesuai selera, lalu tambahkan kuah, dan siap dinikmati selagi hangat.
Kupas kulit ari kelapa,cuci bersih lalu parut,uleg halus. Jika suka soto khas Lamongan, pasti tidak aneh dengan istilah 'koya'. Artinya. resep soto ayam lamongan, resep soto ayam kuning, resep soto medan, bumbu soto jawa. Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto ialah makanan ciri khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging serta Perasaan soto ini makin mantap, sebab ditambah serbuk koya yang gurih di atasnya. Resep soto ayam lamongan dengan taburan bubuk kerupuk udang koya lebih gurih.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto lamongan + serbuk koya hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close