Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Apem Manado Kekinian

Ingin tau rahasia masak apem manado yang enak? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep apem manado terbaik! apem manado, sajian gampang dan cepat untuk dimasak. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Apem Manado

Banyak orang takut mulai memasak apem manado karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari apem manado! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Sobat dapat menghidangkan apem manado hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep apem manado!

Untuk menghidangkan Apem Manado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 10 sdm of Tepung Beras.
  2. Dibutuhkan 5 sdm of Terigu Cakra.
  3. Gunakan 2 gelas of Air.
  4. Siapkan 5 sdm of Air Hangat.
  5. Dibutuhkan 1 sdt of Fermipan.
  6. Gunakan 7 sdm of Gula Merah serut.
  7. Ambil 1/4 sdt of garam.
  8. Dibutuhkan 1/2 sdt of Kayu Manis Bubuk.
  9. Gunakan 1 btr of Telur di kocok lepas.
  10. Ambil 10 sdm of kelapa Muda parut.
  11. Sediakan 1 lbr of Daun Pandan.
  12. Siapkan 50 gr of Kacang Tanah sangrai & cincang.

Langkah-langkah menyiapkan Apem Manado:

  1. Campur tepung beras & terigu.
  2. Rebus; 2 gelas air,gula merah & daun pandan hingga mendidih,angkat & saring,biarkan dingin dulu.
  3. Di wadah lain; campur fermipan & 5 sdm air hangat,aduk rata & biarkan hingga berbusa.
  4. Lalu tambahkan air rebusan gula merah,aduk rata.
  5. Lalu tuang sedikit2 ke campuran tepung beras & terigu,aduk2 dengan whisk,hingga rata,lalu masukan telur kocok,aduk rata,tambahkan kelapa parut,kayu manis bubuk & garam,aduk rata,lalu tutupi & diamkan 1 jam.
  6. Kemudian panaskan cetakan dengan api kecil (aku pakai cetakan kue cubit),lalu olesi sedikit margarin & taburi kacang tanah cincang,lalu tuang 1 sdm adonan & taburi atasnya dengan kacang tanah cincang,masak sampai 1/2 matang,lalu di balik & masak hingga matang.
  7. Jadi 35 biji.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat apem manado hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close