Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Kue Pepe Betawi/Lapis Sagu Anti Ribet!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep kue pepe betawi/lapis sagu ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Satu lagi menu makanan yang bisa membuat meja makan semakin meriah - kue pepe betawi/lapis sagu! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Kue Pepe Betawi/Lapis Sagu

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan kue pepe betawi/lapis sagu karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue pepe betawi/lapis sagu! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kue ini juga sering dijual di toko jajanan tradisional. KUE PEPE / LAPIS SAGU KHAS BETAWI Assalamualaikum. Hari ini mau bikin cemilan, tapi yang bahannya ada di rumah aja dan yang murah meriah.

Sobat dapat memasak kue pepe betawi/lapis sagu hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue pepe betawi/lapis sagu yuk!

Untuk menyiapkan Kue Pepe Betawi/Lapis Sagu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 350 gr of tepung tapioka sagutani.
  2. Gunakan 20 sdm of tepung beras.
  3. Gunakan 3 sdm of sagu biasa.
  4. Diperlukan 200 gr of gula pasir.
  5. Diperlukan 3 lembar of daun jeruk.
  6. Sediakan 3 lembar of daun pandan.
  7. Sediakan 1 liter of santan dr 1 buah kelapa parut.
  8. Gunakan 1 sdt of garam.
  9. Dibutuhkan of Pewarna sy pandan dan merah tua.

Pilihannya jatuh ke lapis sagu atau biasa disebut oleh orang Betawi Kue Pepe. Ini adalah sejenis kue basah yang sering kita temui di pasar atau toko kue tradisional. Kue Pepe adalah Jajanan kue tradisional dari Betawi dengan bentuk seperti kue lapis. Terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan santan dan gula sehingga teksturnya menjadi lembut dan kenyal.

Proses memasak Kue Pepe Betawi/Lapis Sagu:

  1. Ayak tepung sisihkan masak santan gula daun pandan daun jeruk hingga santen mendidih aduk trs jgn sampai santan pecah tambahkan garam dinginkan.
  2. Setelah dingin masukan santan secara bertahap ke tepung aduk hingga rata dan tdk bergerindil.
  3. Bagi adonan manjadi 3 warna putih sama banyak dgn pewarna hijau sedang merah cukup 3 sendok sayur.
  4. Panaskan kukusan mulai melapis dr warna putih terlbh dahulu selama 5 sampe 7 menit lanjut warna hijau begitu seterusnya.. sampe adonan terakhir beri warna merah lalu kukus -+ 25 menit dingin kan lalu potong dgn pisau tajam dan di oles minyak selamat mencoba.
Biasanya kue pepe sering disajikan dalam perayaan hari besar di masyarakat Betawi. Kue ini terlihat sangat menarik dengan lapisan-lapisan rapat dan warna-warni yang semarak. Kue pepe mungkin hampir sama seperti kue lapis yang terbuat dari tepung beras, namun perbedaannya hanya ada pada bahan tepung karena kue pepe terbuat dari tepung sagu atau aci. Untuk proses membuat kue pepe ini biasanya dimasak dengan cara dikukus bertahap sama seperti membuat kue lapis. Untuk lebih jelasnya mari kita simak resepnya dibawah ini.

Selamat mencoba resep kue pepe betawi/lapis sagu! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close