Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal Asam Udang Khas Aceh Anti Gagal!

Coba resep sambal asam udang khas aceh sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! sambal asam udang khas aceh salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin nambah lagi.

Sambal Asam Udang Khas Aceh

Sebagian Besar orang malas mulai memasak sambal asam udang khas aceh karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambal asam udang khas aceh! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Di salah satu rumah makan Aceh di Jakarta, asam udeung ini populer dengan sebutan sambal ganja. Sambal ganja atau asam udeung paling nikmat disantap dengan nasi putih panas. Nah, kamu bisa membuatnya dengan resep di bawah ini.

Kamu dapat menghidangkan sambal asam udang khas aceh hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sambal asam udang khas aceh!

Untuk membuat Sambal Asam Udang Khas Aceh, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 9 ekor of Udang.
  2. Sediakan 5 buah of Belimbing Wuluh.
  3. Gunakan 2 lembar of daun jeruk.
  4. Sediakan 1 batang of Sereh.
  5. Sediakan 3 buah of Bawang Merah.
  6. Ambil 8 buah of Cabe Rawit/sesuai selera.
  7. Gunakan Secukupnya of Garam.
  8. Gunakan Sedikit of Gula.
  9. Gunakan of Perasan jeruk nipis.

Tahap akhirnya untuk membuat sambal ini adalah ulek kasar semua bahan, kecuali udang. Setelah diulek, masukkan udang dan ulek hingga tercampur rata. Sambal Asam Udang Khas Aceh Asam Udeung. Masakan khas Aceh juga kaya akan rempah, sehingga bumbu-bumbunya terasa selalu kuat saat disantap.

Cara membuat Sambal Asam Udang Khas Aceh:

  1. Rebus udang sekitar 2 menit sampai berubah warna saja.
  2. Iris2 halus bawang merah, cabe rawit, belimbing, daun jeruk dan udangnya di cincang kasar.. agar semuanya mudah di giling.
  3. Giling semua bahan pakai ulekan, atau bisa pakai chooper giling kasar saja beri garam dan gula.
  4. Setelah dikoreksi rasa peraskan jeruk nipis pada sambalnya.
  5. Sambal asam udang khas aceh siap di sajikan....
Nah, jika kamu sedang ingin menyantap kuliner Aceh tapi tak bisa menemukan warung makan yang tepat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Salah satu sambal khas Aceh ialah asam sunti yang dipakai hampir disetiap masakan tradisional Sambal khas satu ini, tidak butuh waktu lama untuk dapat disajikan. asam sunti menjadi bahan Tuangkan bahan tambahan berupa teri untuk sambal sunti teri, udang sabu untuk sambal sunti. Nama asli sambal ganja ini adalah asam udeung, Asam dalam bahasa Aceh artinya sambal sedangkan Udeung berarti udang. Untuk membuat sambal mentah khas Aceh ini, selain udang segar bisa juga menggunakan Ebi. Menu sambal ganja ini sukses jadi pengobat rindu kampung halaman.

Mudah bukan membuat sambal asam udang khas aceh? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close