Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan Bakso Goreng Kopong Untuk Pemula!

Jenuh dengan hidangan yang itu-itu aja? Mari coba resep bakso goreng kopong ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! bakso goreng kopong merupakan salah satu menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Bakso Goreng Kopong

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan bakso goreng kopong karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari bakso goreng kopong! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kawan-kawan dapat menyiapkan bakso goreng kopong hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin bakso goreng kopong yuk!

Untuk membuat Bakso Goreng Kopong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan 250 gr of paha ayam, plus kulit dan lemaknya.
  2. Dibutuhkan 250 gr of udang, cincang.
  3. Sediakan 4 pcs of bawang putih; goreng.
  4. Siapkan 1 sdt of baking powder.
  5. Sediakan 2 sdt of garam (sesuaikan).
  6. Diperlukan of merica.
  7. Gunakan 2 sdm of gula (aku pk 1 sdm aja).
  8. Siapkan 1 sdm of kecap ikan.
  9. Ambil 400 gr of tepung tapioka/kanji.
  10. Dibutuhkan 1 sdt of kaldu bubuk rasa ayam.
  11. Gunakan 4 pcs of telur.

Langkah-langkah memasak Bakso Goreng Kopong:

  1. Haluskan daging ayam di food processor, masukan juga sisa bahan lainnya kecuali tapioka dan udangnya. Proses sampai smua bahan tercampur rata, masukan tapiokanya. Setelah tercampur rata, masukan udang dan proses sebentar saja. (disini aku ga pakai udang karena ga ada stok, jd cuma pakai daging ayam dan kulitnya n lemak).
  2. Bentuk adonan bulat2 lalu,goreng di minyak panas dengan api yg sangat kecil (Proses gorengnya lama banget ya biar kopongnya awet dan ga kempes lagi setelah diangkat, aku menghabiskan waktu 45 menitan).
  3. Setelah ditekan permukaan bakso dirasa sdh keras dan kokoh, dan warna sudah kecoklatan, maka bakso bisa angkat dan siap disajikan dengan saus sambalnya..
  4. Saus Sambal : 4 rawit, 1 baput di rebus smp layu, lalu blender, saring dan ambil airnya saja, lalu campurkan dengan saus sambal, gula, garam, dan cuka, boleh tambah penyedap bila suka (aku sih ga pk penyedap lagi). Cicip dan bila manis, asam dan asin sudah pas, sambal sudah jadi deh..

Mudah bukan membuat bakso goreng kopong? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close