Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyiapkan Semur daging sayur berkuah yang Bikin Ngiler!

Bosen dengan sajian makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep semur daging sayur berkuah ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Hidangan semur daging sayur berkuah ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Semur daging sayur berkuah

Banyak orang sudah menyerah duluan semur daging sayur berkuah karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur daging sayur berkuah! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Daging juga ada banyak jenisnya, namun secara umum khasiatnya bisa dikatakan sama. Brilio.net - Semur daging merupakan salah satu menu masakan warisan kuliner Nusantara. Bercitarasa tinggi dengan rempah-rempah khas nenek moyang leluhur.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menyiapkan semur daging sayur berkuah hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin semur daging sayur berkuah yuk!

Untuk menghidangkan Semur daging sayur berkuah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1/4 kg of daging sapi.
  2. Sediakan 1 of tahu kotak.
  3. Gunakan 2 buah of kentang ukuran sedang.
  4. Gunakan 1 genggam of cambah.
  5. Gunakan 2 genggam of kubis.
  6. Dibutuhkan 2 batang of seledri.
  7. Gunakan secukupnya of Bawang goreng.
  8. Siapkan of Bumbu halus:.
  9. Sediakan 4 buah of kemiri.
  10. Siapkan 5 of bawang merah.
  11. Siapkan 4 of bawang putih.
  12. Siapkan 3 buah of cabe merah besar.
  13. Siapkan secukupnya of Garam, gula, penyedap.
  14. Siapkan 2 sendok makan of kecap manis.
  15. Ambil secukupnya of Merica bubuk.

Biasanya semur daging diolah menggunakan kecap manis, kuahnya sedikit encer. Resep semur daging - Semur daging adalah masakan yang biasanya memang selalu ada ketika ada acara spesial atau momen spesial. Daging pada semur daging memang ketika memasaknya direbus lama supaya empuk dan enak. Namun Anda juga bisa menambahkan bahan lain sebagai.

Proses membuat Semur daging sayur berkuah:

  1. Potong kotak2 tahu dan kentang, goreng setengah matang. Sisihkan.
  2. Haluskan bumbu halus, bisa menggunakan ulekan atau diblender. Tumis hingga matang.
  3. Potong kecil2 daging lalu rebus dengan 1,5 liter air, jika daging sudah matang dan air mendidih sisihkan (jgn buang air rebusan daging krn digunakan sbg kaldu).
  4. Masukkan bumbu halus yg sudah ditumis kedalam kuah rebusan daging. Kemudian masukkan kentang & tahu yg sudah digoreng. Sambil diaduk2. Jika sdh matang masukkan kubis & cambah serta daun seledri & bawang goreng. Sambil diaduk2 sesekali..
  5. Tambahkan gula,garam,merica bubuk, kecap manis & penyedap (jika suka). Matikan api semur daging sayur berkuah siap dinikmati..
Ada yang kering, digoreng, bahkan berkuah. Makanan berkuah sangat sedap jika disantap dalam Daging tersebut iris-iris sampai tipis, lalu panaskan minyak goreng dan goreng daging sapi tipis tersebut. Kemudian, hidangkan kuah sayur dengan semur di wadah yang tidak sama, lalu potong. Semur merupakan hidangan daging yang menggunakan teknik memasak slow cooking dan memiliki kuah berwarna cokelat. Warna cokelat ini berasal dari campuran kecap manis, pala, cengkeh, juga rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

Selamat mencoba resep semur daging sayur berkuah! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close