Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Terong Balado Kemangi yang Enak!

Jenuh dengan sajian makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep ayam terong balado kemangi ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Hadirkan ayam terong balado kemangi untuk agenda masak akhir pekan ini. Hidangan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Ayam Terong Balado Kemangi

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan ayam terong balado kemangi karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam terong balado kemangi! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Penambahan daun kemangi ini akan membuat ayam balado menjadi sedap sekali… Olahan ayam memang selalu mengugah selera selain pepes dan ayam goreng biasa serta ayam bakar, sajian ayam lainya adalah ayam balado. Ayam balado bisa menggunakan cabai merah atau cabai hijau, kali ini PoskotaJabar akan menyajikan ayam balado kemangi pedas yang membuat ngiler, ayam balado ini sangat cocok untuk menu makan siang atau makan malam ala rumahan yang sedehana namun bisa bikin kamu. Balado is a type of hot and spicy bumbu (spice mixture) found in Minang cuisine of West Sumatra, Indonesia.

Teman-teman dapat menyiapkan ayam terong balado kemangi hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam terong balado kemangi yuk!

Untuk menyiapkan Ayam Terong Balado Kemangi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1/2 ekor of ayam.
  2. Dibutuhkan 2 buah of terong uk sedang.
  3. Siapkan 2 ikat of kemangi.
  4. Ambil 1 bungkus of bumbi instan ayam goreng.
  5. Dibutuhkan of Bumbu halus :.
  6. Siapkan 5 siung of bawang merah.
  7. Ambil 4 siung of bawang putih.
  8. Diperlukan 10 buah of cabe Rawit merah.
  9. Diperlukan 5 buah of cabe keriting merah.
  10. Dibutuhkan 1 buah of kemiri.
  11. Diperlukan 1 buah of tomat.
  12. Ambil Seruas of lengkuas.
  13. Siapkan of Daun jeruk.
  14. Dibutuhkan of Gula.
  15. Diperlukan of Garam.
  16. Dibutuhkan of Penyedap rasa.
  17. Sediakan of Kecap.

Balado sauce is made by stir frying ground red hot chili pepper with other spices including garlic, shallot, tomato and key lime juice in coconut or palm oil. The ingredients are quite similar to sambal hot chili paste. However, unlike sambal—which is often treated as a separate. Balado terong merupakan makanan tradisional yang berasal dari Sumatera Barat.

Cara menghidangkan Ayam Terong Balado Kemangi:

  1. Cuci bersih ayam lalu ungkep sebentar dengan bumbu intans lalu goreng sampai matang tiriskan...
  2. Potong terong cuci lalu goreng juga, siapkan bumbu halus boleh ulek boleh blender tapi agak sedikit kasar aja...
  3. Tumis bumbu sampai wangi, masukan daun jeruk lalu beri air secukupnya masukan bumbu pelengkap gula garam penyedap dan kecapnya...
  4. Masukan ayam dan terong aduk rata cicipi rasanya, kalo sudah pas masukan daun kemanginya,aduk sebentar lalu angkat dan hidangkan...
Cita rasanya yang pedas dan lezat ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Pasalnya, bumbu balado sendiri memiliki varian lain untuk dimasak selain terong ada juga ayam, ikan, dan telur. Ulek dua cabai, kencur, bawang putih dan kacang goreng. Pindang salem + terong masak tomat bumbu kemangi. Pindang salem + terong masak tomat bumbu kemangi.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam terong balado kemangi. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close