Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Memasak Opor Ayam Kuah Kuning Anti Gagal!

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep opor ayam kuah kuning ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! opor ayam kuah kuning cocok untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin special.

Opor Ayam Kuah Kuning

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan opor ayam kuah kuning karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kuah kuning! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Untuk dapat menikmatinya, Anda dapat mencoba salah satu resep di bawah ini Di dalam kuah gurihnya resep opor ayam terkandung memori tentang perayaan serta cerita tentang kampung halaman. Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan. Ketiganya menciptakan cita rasa earthy, gurih, dan aroma yang menggugah selera serta. opor ayam kuah putih.

Sobat dapat memasak opor ayam kuah kuning hanya dengan menggunakan 23 bahan dan 2 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep opor ayam kuah kuning!

Untuk memasak Opor Ayam Kuah Kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 ekor of ayam (potong menjadi beberapa bagian sesuai selera).
  2. Siapkan of Bumbu halus :.
  3. Dibutuhkan 6 siung of bawang merah.
  4. Ambil 5 siung of bawang putih.
  5. Dibutuhkan 5 butir of kemiri.
  6. Diperlukan 10 ml of ketumbar.
  7. Ambil 5 ml of merica.
  8. Sediakan 1 jari of kunyit.
  9. Dibutuhkan 1 ruas of jahe.
  10. Siapkan of Bumbu lainnya :.
  11. Ambil 10 buah of cabe rawit hijau (optional).
  12. Sediakan 1 buah of jeruk nipis.
  13. Diperlukan 3 lembar of daun salam.
  14. Siapkan 2 lembar of daun jeruk.
  15. Gunakan 1 batang of sereh (geprek).
  16. Sediakan Secukupnya of lengkuas (geprek).
  17. Sediakan 5 bks of santan kara uk 65 ml.
  18. Siapkan Secukupnya of garam.
  19. Ambil Secukupnya of gula pasir.
  20. Diperlukan Secukupnya of penyedap rasa.
  21. Gunakan of Air panas secukupnya (tergantung ingin seberapa banyak kuahnya).
  22. Ambil secukupnya of Minyak goreng.
  23. Gunakan secukupnya of Bawang goreng.

Bismillah Masih ngikut #BelanjaIdeDiPasarCookpad Ketemu daging ayam, coba bikin makanan khas lebaran, pake resepnya Ummu Maryam, MasyaAllah mantap 👍. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Proses memasak Opor Ayam Kuah Kuning:

  1. Siapkan wajan berisi minyak diatas api sedang. Goreng ayam yang sudab dilumuri jeruk nipis agar tidak bau amis (goreng hanya setengah matang dan masih berwarna putih ayamnya, untuk saya agar kuah opor tidak terlalu berminyak jika memasukkan ayam segar. Ini sesuai selera ya). Kemudian angkat dan tiriskan..
  2. Siapkan kembali wajan berisi minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai benar2 matang bumbunya, jng lupa masukkan sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk. Setelah bumbu matang masukkan air panas dan santan kara. Masukkan garam, gula pasir, penyedap rasa. Koreksi rasa. Lalu masukkan cabe rawit beserta ayam. Masak hingga ayam benar2 matang. Setelah matang. Angkat dan sajikan. Beri bawang goreng saat penyajian..
Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Kuah opor yang gurih dan aromanya yang menggugah selera biasanya disajikan bersama ketupat. Makanan khas Indonesia ini ternyata punya beberapa varian lho!

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat opor ayam kuah kuning. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close