Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Membuat Sambal Terong Hijau Anti Gagal!

Coba resep sambal terong hijau sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! sambal terong hijau cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan perayaan.

Sambal Terong Hijau

Banyak orang tidak berani memasak sambal terong hijau karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terong hijau! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cita rasanya pedas seperti pada masakan. Resep Sambal Terong - Salah satu resep khas nusantara yaitu sambal atau sambel. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini utamanya adalah terong atau terung.

Kalian dapat menyiapkan sambal terong hijau hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sambal terong hijau!

Untuk membuat Sambal Terong Hijau, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 buah of terong hijau jumbo.
  2. Diperlukan 1 siung of bawang merah.
  3. Ambil 1 siung of bawang putih.
  4. Dibutuhkan 1 ruas of kencur.
  5. Sediakan 5 buah of cabai japlak (lebih pedas dari cabe rawit).
  6. Sediakan 1 sdt of gula merah yg sudah dihaluskan.
  7. Sediakan 1 sdt of garam.
  8. Gunakan 1/2 sdt of gula pasir.
  9. Gunakan 1 sdt of kaldu bubuk rasa sapi.
  10. Ambil of Minyak untuk menggoreng.

Ambil cabe hijau besar, cabe rawit hijau, tomat hijau, bawang merah dan bawang putih, kemudian rebus Tumis bumbu sambal sampai tercium bau harum, kemudian masukkan terong goreng tadi. RESEP SAMBAL - Nggak lengkap rasanya kalau makan nggak pakai sambal. Sambal seolah menjadi pelengkap yang nggak bisa dipisahkan untuk masyarakat Indonesia. Terong satu ini amat cocok diolah menjadi sambal terong, terong balado, hingga olahan terong Dari segi warna, terong ini lazimnya berwarna hijau agak keputihan; mirip dengan warna mentimun.

Cara menyiapkan Sambal Terong Hijau:

  1. Cuci bersih terong, kemudian potong menjadi bagian yang kecil..
  2. Goreng terong dengan menggunakan api kecil hingga kecoklatan..
  3. Sembari menunggu terong matang, siapkan bumbu..
  4. Tumbuk bawang merah, bawang putih, kencur, cabai dan gula merah hingga halus..
  5. Angkat terong yang sudah matang, tiriskan. Tekan2 agar minyak keluar..
  6. Ulek diatas bumbu yang sudah halus..
  7. Campurkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Koreksi rasa..
Wah kali ini resep yang akan saya bagikan agak mengerikan buat sebagian orang kali ya, hi hi hi ada jengkolnya soalnya. Tapi walaupun mengerikan banyak juga yang. Terong hijau termasuk jenis sayuran yang tidak begitu sulit dibudidayakan karena mudah tumbuhnya. Selain menanam langsung pada lahan, Anda juga bisa menanamnya di polybag. Sambal goreng memiliki rasa yang nikmat serta aromanya khas, sehingga seringkali menggoda untuk disantap.

Selamat mencoba resep sambal terong hijau! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close