Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal Kelapa khas Aceh (Asam Ue) Untuk Pemula!

Ingin membuat sambal kelapa khas aceh (asam ue) yang enak? Gak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep sambal kelapa khas aceh (asam ue) terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan sambal kelapa khas aceh (asam ue)! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Sambal Kelapa khas Aceh (Asam Ue)

Kebanyakan orang tidak berani memasak sambal kelapa khas aceh (asam ue) karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal kelapa khas aceh (asam ue)! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Asam U sambal khas aceh, kenapa khas ya tentu bumbunya menggunakan asam sunti, yaitu bumbu wajib dalam setiap masakan aceh, kalau ada yang penasaran cara pembuatan asam sunti bisa baca postingan saya yang ini Asam Sunti. Cara membuat Asam U juga praktis dan cepat tanpa harus. Misalnya di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, sambal asam sunti ini menjadi sambal favorit didapur rumah warga setempat.

Kalian dapat menghidangkan sambal kelapa khas aceh (asam ue) hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sambal kelapa khas aceh (asam ue)!

Untuk memasak Sambal Kelapa khas Aceh (Asam Ue), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 buah of kelapa parut yang sedang (kira kira 250 gr).
  2. Dibutuhkan 4 siung of bawang merah.
  3. Siapkan 6 buah of asam sunti (belimbing wuluh yang sudah dikeringkan).
  4. Gunakan 12 buah of cabe kecil (sesuai selera).
  5. Dibutuhkan 50 gr of kacang tanah goreng.
  6. Siapkan 6 butir of kemiri digoreng.
  7. Siapkan 10 lembar of daun jeruk perut muda.
  8. Diperlukan 3 batang of serai yang agak kecil.
  9. Gunakan secukupnya of Garam.
  10. Sediakan of Gula secukupnya sebagai penyedap.

Proses pembuatannya banyak versi dan tergantung dari kebiasaan daerah masing-masing. Misalnya masyarakat Abdya membuat sambal dari belimbing wuluh itu diolah. Asam udeung adalah sambal mentah khas Aceh yang memakai udang sebagai bahan utamanya. Sebetulnya, kita tak perlu menyebutnya "sambal asam udeung" karena "asam" bagi orang Aceh sendiri sudah berarti "sambal".

Langkah-langkah menghidangkan Sambal Kelapa khas Aceh (Asam Ue):

  1. Siapkan semua bahan. Serai nya lupa di fotoπŸ˜‚.
  2. Lalu haluskan semua bahan kecuali daun jeruk perut, serai dan kelapa. Jangan pakai air yaa buibu. Kalo saya gilingnya di blender bumbu kering...
  3. Setelah bumbu selesai dihaluskan, baru haluskan kelapa dengan cara yang sama. Tidak menggunakan air. Jangan lupa tambahkan garam dan gula.
  4. Masukkan kelapa kedalam bumbu tadi. Lalu, rajang kecil kecil daun jeruk dan serai...
  5. Lalu semuanya dicampur rata. Koreksi rasa. Selesai. Enaknya disantap pake sayur rebus kuah bening. Ikan asin. πŸ˜‰.
Dan seperti yang saya sebutkan di atas, para penggemar sambal. Beulacan merupakan makanan khas Aceh yang secara turun-temurun diwariskan oleh setiap keluarga di Aceh. Beulacan biasanya disajikan ketika hari-hari besar seperti pesta pernikahan, khitanan, maupun hari raya Islam. Makanan khas aceh begitu banyak dan mempunyai cita rasa yang membuat kamu nagih dengan aroma rempahnya. Makanan Khas Aceh menjadi sajian istimewa di Indonesia.

Mudah bukan membuat sambal kelapa khas aceh (asam ue)? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close