Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Ambikuk (kue khas banjarmasin) Anti Ribet!

Ingin masak ambikuk (kue khas banjarmasin) yang nikmat? Gak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep ambikuk (kue khas banjarmasin) terbaik! ambikuk (kue khas banjarmasin), sajian gampang dan cepat untuk dimasak. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Ambikuk (kue khas banjarmasin)

Kebanyakan orang sudah minder duluan ambikuk (kue khas banjarmasin) karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ambikuk (kue khas banjarmasin)! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dihasilkan tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara pembuatannya pun cukup mudah dan kamu bisa membuatnya. Kue basah yang satu ini asalnya dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Saat Ramadhan, kue ini termasuk primadonanya kue tradisional khas Banjar.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat memasak ambikuk (kue khas banjarmasin) hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ambikuk (kue khas banjarmasin) yuk!

Untuk membuat Ambikuk (kue khas banjarmasin), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1 kg of ubi kayu/singkong.
  2. Gunakan Sejumput of garam.
  3. Diperlukan of Kuah kinca (gula merah santan).
  4. Sediakan 1/2 biji kelapa parut of (kurleb 1 mangkok santan).
  5. Ambil 2 batok of gula merah (kurleb 150 gr).
  6. Gunakan 7 sdm of gula pasir.
  7. Gunakan 1/2 gelas of air.
  8. Dibutuhkan Seujung sdt of garam.

Pilihan jenis dan rasanya juga variatif, ada. Amparan tatak merupakan sajian kue khas Banjarmasin yang mempunyai rasa manis. Makanan khas Banjarmasin berikutnya ada gangan paliat yang terbuat dari ikan baung atau ikan gabus dan bisa diganti dengan udang. Dijuluki kota seribu sungai, Banjarmasin punya beragam kue tradisional yang enak.

Langkah-langkah membuat Ambikuk (kue khas banjarmasin):

  1. Parut singkong, kemudian peras airnya (sy menggunakan serbet/kain bersih) sampai tdk menetes lg airnya. Sisihkan.
  2. Parut kembali singkong yg sdh setengah kering (jdnya menggumpal2) hingga berubah sprti tepung roti.
  3. Panaskan kukusan, beri serbet pd tutup panci, spya uap airnya tdk turun ke bawah.
  4. Masukkan singkong parut k dlm loyang bundar yg dilapisi plastik tipis (spya tidak lengket) ratakan atasnya. Kukus sampai matang hingga berubah warna.
  5. Untuk saus gula merah, didihkan gula merah dengan 1/2 gelas air. Tambahkan gula pasir dan garam, masukkan santan. Setelah mendidih matikan api, siap d santap.
Seperti amparan tatak, sarimuka, hingga bingka kelapa yang gurih manis. Maya Canteen : Legitnya Sarimuka dan Amparan Tatak Khas Banjarmasin. Dijuluki kota seribu sungai, Banjarmasin punya beragam kue. Kue basah khas Banjarmasin ini banyak jadi incaran para wisatawan, lho. Punya cita rasa manis, Amparan Tatak Pisang ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke Banjarmasin.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat ambikuk (kue khas banjarmasin) hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close