Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sayur Asin Homemade Untuk Pemula!

Ingin memasak sayur asin homemade yang nikmat? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sayur asin homemade terbaik! Satu lagi sajian yang bisa membuat meja makan semakin meriah - sayur asin homemade! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Sayur Asin Homemade

Pada umumnya orang sudah minder duluan sayur asin homemade karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asin homemade! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dibikin terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Kawan-kawan dapat menyiapkan sayur asin homemade hanya dengan menggunakan 5 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin sayur asin homemade yuk!

Untuk membuat Sayur Asin Homemade, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1-1.5 kg of sawi pahit.
  2. Gunakan 120 gr of garam.
  3. Gunakan 80 gr of gula.
  4. Siapkan 2 L of air.
  5. Gunakan 2 L of air tajin.

Cara menyiapkan Sayur Asin Homemade:

  1. Pilih sawi pahit yang bagus. Bentuk sawi pahit seperti ini ya. Cuci sebersih2 nya, pastikan di bonggol2 nya bersih dari tanah..
  2. Air tajin : rebus 1-2 genggam beras dengan 2.5L air, aduk2 hingga agak mengental, angkat dan tiriskan berasnya. Bisa juga 1 cup nasi direbus dengan 2.5 L air..
  3. Tambahkan garam dan gula ke air tajin yang Panas tersebut, aduk2 sampai larut. Tambahkan air biasa. Tunggu hingga dingin.
  4. Tata sawi pahit di dalam container, lalu tuang dengan air tajin. Tutup rapat..
  5. Bolak balik sayur asin setiap hari. Jika sayur sudah mulai menciut, supaya tidak mengambang, bisa diberi plastik berisi air untuk jadi pemberat. Dalam 7 hari sayur asin sudah jadi. Tidak perlu masuk kulkas, tidak akan over-fermented. Jika tidak langsung digunakan jangan lupa dibalik2 setiap hari tapi supaya merata. Namun jika sudah terendam sempurna tidak perlu dibalik2 lagi..

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat sayur asin homemade. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close