Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Semur Ayam Kecap Anti Ribet!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep semur ayam kecap ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Satu lagi makanan yang bakal membuat meja makan semakin meriah - semur ayam kecap! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Semur Ayam Kecap

Pada umumnya orang takut mulai memasak semur ayam kecap karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ayam kecap! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Sobat dapat memasak semur ayam kecap hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin semur ayam kecap yuk!

Untuk memasak Semur Ayam Kecap, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of Garam (secukupnya).
  2. Ambil 3 siung of bawang merah.
  3. Diperlukan 4 siung of bawah putih.
  4. Gunakan secukupnya of Kunyit.
  5. Sediakan secukupnya of Jahe.
  6. Siapkan secukupnya of Ketumbar.
  7. Gunakan secukupnya of Merica.
  8. Diperlukan 2/3 buah of kemiri.
  9. Sediakan 2 lembar of daun salam.
  10. Sediakan secukupnya of Gula merah.
  11. Gunakan 1 buah of serai.
  12. Dibutuhkan 8 potong of ayam.
  13. Ambil of Kecap.
  14. Siapkan 8 potong of ayam.
  15. Siapkan secukupnya of Minyak sayur.

Langkah-langkah membuat Semur Ayam Kecap:

  1. Bumbu Halus : garam, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, merica, kemiri, ditumbuk hingga halus.
  2. Siapkan wajan, tumis bumbu halus, masukan gula merah, daun salam, dan serai, setelah harum (boleh dicicipi bumbunya dulu biar tau udah pas atau belum) masukan ayam, aduk aduk kemudian masukan air secukupnya..
  3. Jika sudah matang jangan lupa tambahkan kecap sesuai selera aduk-aduk hingga rata, matikan api. Ayam semur kecap siap dihidangkan untuk keluarga :).

Mudah bukan membuat semur ayam kecap? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close