Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Memasak Ongol-ongol Hunkwe Gula Aren Anti Gagal!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep ongol-ongol hunkwe gula aren ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! ongol-ongol hunkwe gula aren cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk makanan perayaan hari besar.

Ongol-ongol Hunkwe Gula Aren

Pada umumnya orang tidak berani memasak ongol-ongol hunkwe gula aren karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ongol-ongol hunkwe gula aren! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai berbagai bumbu agar masakan yang dibuat tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Ongol Ongol hunkwe is very simple to make. You only need: hunkwe flour (or use mung bean flour), water, coconut sugar, regular sugar, grated The dark brown color of ongol ongol comes from gula Jawa/coconut sugar/palm sugar. I like gula Jawa because it really flavors up the food without being.

Kawan-kawan dapat menyiapkan ongol-ongol hunkwe gula aren hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ongol-ongol hunkwe gula aren!

Untuk memasak Ongol-ongol Hunkwe Gula Aren, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 100 gram of tepung hunkwe putih.
  2. Siapkan 165 gram of gula aren.
  3. Diperlukan sejumput of garam.
  4. Siapkan of Air 450 ml (resep asli 400ml).
  5. Diperlukan 250 gram of kelapa muda parut.
  6. Siapkan Sejumput of garam.
  7. Gunakan 2 helai of daun pandan.
  8. Gunakan 1 buah of pisang siem iris-iris (resep asli tidak ada).

Ongol-ongol ini umumnya terbuat dari sagu atau tepung tapioka, namun ada juga yang berkreasi dari bahan singkong. Bahkan kini ada juga ongol-ongol yang terbuat dari bahan hunkwe, campuran bihun, nanas, ubi, dan banyak lainnya. Rupanya membuat kudapan ini sangatlah mudah dan praktis. Lihat juga resep Ongol ongol sagu gula merah enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Ongol-ongol Hunkwe Gula Aren:

  1. Siapkan bahan-bahanya. Gula aren dan daun pandan di rebus. Parutan kelapa dan daun pandan dikukus selama 20 menit..
  2. Setelah gula larut, biarkan sampai dingin, kemudian disaring..
  3. Masukan tepung hunkwe aduk rata, kemudian masukan buah pisang yang sudah diiri-iris ke dalam larutan gula. Masak menggunakan api kecil supaya tidak gosong..
  4. Aduk terus sampai menggumpal dan meletup-letup. Api dimatikan..
  5. Tuang adonan tepung hunkwe ke dalam loyang, kemudian biarkan dingin. Sambil menunggu dingin, parutan kelapa diberi sejumput garam kemudian dicampur dengan rata. Potong ongol-ongol kemudian dibaluri parutan kelapa. Ongol-ongol siap dijadikan kudapan teman minum teh..
Ongol ongol merupakan salah satu kue tradisional atau jajanan pasar. Makanan ini juga saya sukai karena ada wangi gula merah dan kalau dimakan ada rasa kenyal kenyalnya dari tepung sagunya ditambah baluran kelapa parut jadi. Kue ini memiliki banyak sekali varian, karena dapat dibuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, seperti tepung sagu, hunkwe, atau singkong. Hai semua. kali ni aku bikin ongol ongol dari tepung hunkwe, bikinnya mudah cepat hasilnya enak dan mengenyangkan, dicoba. Tuangkan adonan ongol-ongol ke dalam loyang yang sudah dilapisi dengan plastik.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ongol-ongol hunkwe gula aren. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close