Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mie Tarempa Tuna (khas Kepulauan Riau) Untuk Pemula!

Jenuh sama makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep mie tarempa tuna (khas kepulauan riau) ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! Satu lagi menu makanan yang bakal membuat meja makan semakin meriah - mie tarempa tuna (khas kepulauan riau)! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Mie Tarempa Tuna (khas Kepulauan Riau)

Banyak orang takut mulai memasak mie tarempa tuna (khas kepulauan riau) karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mie tarempa tuna (khas kepulauan riau)! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Luti gendang adalah roti goreng yang menggunakan ikan tuna sebagai isiannya. Berbeda dengan roti umumnya yang didominasi rasa manis, luti gendang ini terasa gurih, pedas serta manis dengan kombinasi yang tepat. Mie Tarempa merupakan salah satu makanan paling favorit bagi warga Batam.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat menyiapkan mie tarempa tuna (khas kepulauan riau) hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mie tarempa tuna (khas kepulauan riau)!

Untuk menyiapkan Mie Tarempa Tuna (khas Kepulauan Riau), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of 🌿Bahan bahan.
  2. Diperlukan 4 bulatan of mie basah (300 gram).
  3. Ambil 150 gram of ikan tuna direbus, air di pakai untk kaldu.
  4. Sediakan 2 buah of telur untk scramble/orak arik, sy terlupa.
  5. Sediakan 2 genggam of daun kubis sudah irisan, pengganti taoge.
  6. Diperlukan 5 lonjor of daun sawi, potong berikut batangnya.
  7. Ambil 2 sdm of saus tiram.
  8. Sediakan 2 sdt of gula pasir.
  9. Gunakan 1 sdm of kecap ikan (gak ada stock sy skip).
  10. Diperlukan 1 sdt of kecap asin.
  11. Sediakan 4 sdm of saus sambal (sy hanya ada 1 sdm pas habis stock).
  12. Diperlukan of Saus tomat sy skip gak ada stock.
  13. Diperlukan 2 sdt of bawang putih blender.
  14. Siapkan of ☘️Bumbu halus.
  15. Gunakan 5 siung of bawang merah.
  16. Ambil 6 siung of bawang putih.
  17. Diperlukan 5 buah of cabe rawit.
  18. Ambil 2 buah of cabe merah besar.
  19. Diperlukan 1 buah of tomat (pengganti saus tomat).
  20. Sediakan Seujung sdt of garam (krn ada kecap asin).
  21. Ambil 1 sdt of bubuk kaldu.

Mie yang kenyal dan tebal sangat asyik untuk dikunyah dengan potongan daging dan ikan, sehingga semakin menambah citarasa yang khas dan gurih. Ketika para wisatawan baik asing maupun lokal yang. Mie tarempa atau orang Riau juga kerap menyebutnya dengan mie siantan terbuat dari beberapa bahan dasar seperti mie kuning yang dikombinasikan dengan udang, telur, tauge, dan cabai rawit serta kecap. Sebagai kuliner khas Kepulauan Riau, mie tarempa dijual dengan harga yang relatif murah.

Proses menyiapkan Mie Tarempa Tuna (khas Kepulauan Riau):

  1. Siapkan bahan bahan. Mie yg sidah di rebus 3mnt, bumbu yg sdh dihaluskan dan ikan tuna yg sudah direbus, kuah digunakan sebagai kaldu dalam memasak mie.
  2. Daging ikan tuna yg sdh direbus lalu di suwir2. Tumis bawang putih blender/irisan tipis bawang putih setelah harum masukan bumbu halus tumis sampai matang dan berbau harum, lalu masukkan batang daun sawi, dan ikan tuna aduk aduk merata. Di resep asli ada kocokan telur yg dibuat scramble/orak arik sy terlupa saking gugupnya masak mie kesenangan ini😂🙏.
  3. Setelah itu masukkan daun sawi dan kaldu, sy membuat 4 porsi, sy beri 1.5 sendok sayur atau 1/2 gelas air kaldu ikan tuna. Krn sy ingin buat mie tarempa yg nyemek alias mie agak basah dan sedikit berkuah, apabila ingin mie kering beri 1 sendok sayur saja. Lalu masukkan mie basah aduk aduk sebentar sampai tercampur rata. Matikan api.
  4. Mie tarempa ini krn berbahan dasar kuah dan daging ikan tuna yg menjadi ciri khas mie tarempa, adalah makanan khas di pulau anambas, yg kaya dng hasil ikan laut. Rasa mie tarempa ini gurih krn rasa ikannya, hanya sayang pas sy buat stock saus sambal dan bubuk cabe kosong, sehingga warna kuah dan mienya tidak semerah seperti mie tarempa aslinya😂😁🙏 tapi plaing tidak sdh bs membuat mie tarempa dan hilang kangennya, cukup senang😍💞.
Mie Tarempa merupakan mie khas asal Kepulauan Riau. Tepatnya berasal dari, daerah Tarempa, Kabupaten Anambas. Mie Tarempa mirip dengan Mie Aceh dengan citarasa penuh rempah yang kemerahan. namun mie tarempa memiliki perbedaan yang sangat jelas yaitu kuah dagingnya. Disebut mie tarempa, karena makanan ini berasal dari Pulau Tarempa. Mie ini juga dibuat dari tepung dan telur.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat mie tarempa tuna (khas kepulauan riau). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close