Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Sayur asin Untuk Pemula!

Ingin memasak sayur asin yang lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep sayur asin terbaik! Satu lagi sajian yang bakal bikin meja makan semakin meriah - sayur asin! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Sayur asin

Sebagian Besar orang tidak berani memasak sayur asin karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asin! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish orginating from Sundanese cuisine, consisting of vegetables in tamarind soup. The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes.

Kalian dapat memasak sayur asin hanya dengan menggunakan 5 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin sayur asin yuk!

Untuk menyiapkan Sayur asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/2 kg of sawi putih.
  2. Gunakan 1/2 kg of pokcay (pilih yg besar).
  3. Sediakan of Air kelapa (me : beli di pasar 3 plastik besar).
  4. Diperlukan 4 of bata Garam.
  5. Gunakan 8 sdm of tepung beras dilarutkan dengan air panas ± 1lt (jd bubur).

Rujak Sayur Asin dan kerupuk [image source]. SayurHD Sawi asin / Sayur asin per ikat. View the profiles of people named Sayur Asin. Sawi asin ini sebenarnya adalah sayuran sawi yang telah difermentasikan.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur asin:

  1. Cuci bersih sawi.
  2. Siapkan wadah besar (me : toples besar) larutkan garam kedalam air kelapa kemudian tambahkan bubur beras.
  3. Aduk hingga tercampur semuanya kemudian masukkan sawi.
  4. Jika sawi belum terendam, tambahkan air hingga sawi terendam seluruhnya.
  5. Tutup rendaman sawi. Setiap pagi ubah posisi sawi supaya terfermentasi secara merata..
  6. Rendam selama 3-5 hari..
  7. Sawi siap digunakan.
  8. Saya lbh suka yg asem.. jadi saya rendam selama 6 hari. Jika sawi tidak digunakan semua bisa ditaruh diwadah yg tertutup lalu masukkan ke kulkas ya moms.
  9. Selamat mencoba.
Dimana sawi asin ini Tumis sayur sawi asin ini bisa menjadi menu pilihan bagi anda ketika hendak memilih menu untuk. Brilio.net - Sayur asem merupakan masakan favorit banyak orang. Selain mudah dibuat rasanya Ciri khas sayur asem yakni perpaduan rasa asem yang menonjol, ada manisnya, asin bahkan ada rasa. Sawi pada pembuatan sayur asin difermentasikan secara alami dengan air pekat yang diambil dari air untuk menanak nasi. Fermentasi terjadi dengan pertumbuhan beberapa bakteri asam laktat.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat sayur asin hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close