Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Putu ayu empuk Anti Gagal!

Jenuh dengan hidangan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep putu ayu empuk ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! putu ayu empuk pas untuk disandingkan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap.

Putu ayu empuk

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan putu ayu empuk karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu ayu empuk! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibikin tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Karena adonan putu ayu nantinya akan Tepung dengan protein sedang memang digunakan khusus untuk kue supaya empuk dan lembut. Resep putu ayu - Putu ayu menjadi salah satu kue yang memiliki cita rasa lezat bahkan bisa dinikmati di manapun dan kapanpun, bahkan kue putu ayu sendiri bisa menjadi makanan yang mengganjal. Sedangkan kue Putu Ayu menggunakan tepung terigu dan santan sedangkan pemanisnya menggunakan gula halus.

Teman-teman dapat membuat putu ayu empuk hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep putu ayu empuk!

Untuk menghidangkan Putu ayu empuk, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 100 gr of kelapa parut (pilih kelapa yang agak muda).
  2. Dibutuhkan 100 gr of tepung terigu.
  3. Gunakan 2 of telur (cari ukuran sedang).
  4. Dibutuhkan 100 gr of gula pasir.
  5. Sediakan 20 gr of susu bubuk.
  6. Siapkan 55 gr of bubuk santan (saya pakai kara).
  7. Sediakan 1/2 sdt of baking powder.
  8. Sediakan 1 sdt of sp.
  9. Gunakan 1 sdt of garam.
  10. Ambil 1 sdt of vanili.
  11. Ambil 1/2 sdt of pasta pandan.
  12. Dibutuhkan 50 CC of Minyak sayur.
  13. Dibutuhkan 100 CC of air.

Kue putu ayu juga biasa disajikan tidak langsung setelah dibuat. Seperti kue putu ayu pandan misalnya, kue dengan ciri khas berwarna hijau ini memiliki teksture yang empuk dan lembut. Kue putu ayu adalah salah satu kue basah yang mempunyai tekstur lembut dan empuk. Sehingga banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai kue basah ini.

Cara memasak Putu ayu empuk:

  1. Campurkan tepung terigu, Susu bubuk, Santan bubuk, vanili, baking powder, dan Garam, aduk rata.
  2. Kocok gula pasir, sp, dan telur dengan mixer kecepatan ringgit sampai mengembang.
  3. Masukkan campuran tepung, aduk dengan mixer kecepatan rendah, masukkan air dan minyak aduk kembali sampai adonan rata, masukkan pasta pandan aduk dengan spatula (mixer sebentar).
  4. Siapkan cetakan yang sudah diberi minyak Atau diolesi mentega, masukkan kelapa parut dibawah cetakan Lalu Tuangkan adonan ke dalam cetakan..
  5. Masukkan ke dalam kukusan yang telah terlebih dahulu disiapkan (pada saat mengukus kue pastikan air kukusan telah mendidih), kukus dengan api sedang selama +/- 30 menit, (lapisi tutup kukusan dengan kain agar uap tidak jatuh ke kue).
Resep putu ayu pernah dengar? yah penganan yang satu ini termasuk kue yang digemari, anda akan menemukan dengan mudah jajan pasar ini. Kue putu ayu jadi salah satu jajanan yang menggiurkan. Siapa tak kenal kue Putu Ayu. Jajanan tradisional yang lezat ini memang istimewa dan mendapatkan tempat tersendiri bagi banyak orang di I. Salah satu jenis kue basah yang satu ini tentunya Anda kenal?

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat putu ayu empuk hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close