Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Opor Ayam Bumbu Kuning yang Lezat Sekali!

Coba resep opor ayam bumbu kuning sebagai hidangan istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan opor ayam bumbu kuning untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Opor Ayam Bumbu Kuning

Pada umumnya orang sudah minder duluan opor ayam bumbu kuning karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam bumbu kuning! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa nikmat. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Resep opor ayam - Kuliner berbahan ayam berkuah santan ini sangat terklenal di seluruh wilayah di indonesia, Terutama didaerah Jawa tengah dan juga Jawa Barat.

Sobat dapat membuat opor ayam bumbu kuning hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep opor ayam bumbu kuning!

Untuk menghidangkan Opor Ayam Bumbu Kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan 8 potong of ayam.
  2. Ambil 6 potong of tahu goreng hingga berkulit.
  3. Sediakan of Bumbu Halus:.
  4. Siapkan 10 siung of bawang merah.
  5. Ambil 5 siung of bawang putih.
  6. Siapkan 2 ruas of jahe.
  7. Sediakan 3 ruas of kunyit.
  8. Siapkan 7 butir of kemiri bulat.
  9. Gunakan of Bumbu Lain:.
  10. Diperlukan 2 ruas of laos geprek.
  11. Ambil 1 batang of serai geprek.
  12. Ambil 4 lembar of daun jeruk sobek jadi dua bagian.
  13. Sediakan 1 bungkus of santan kara.
  14. Siapkan Secukupnya of minyak untuk menumis.
  15. Sediakan Secukupnya of air kaldu sisa rebusan ayam.
  16. Ambil Secukupnya of garam.
  17. Diperlukan Secukupnya of gula.
  18. Ambil Secukupnya of kaldu bubuk.

Gurih alami ayam yang dikolaborasikan bumbum rempah komplit, menjadikan makanan ini jago membuat lidah kecanduan. Resep masakan opor ayam bumbu kuning ini sudah ada sejak jaman dulu. Bumbu opor ayam sebenarnya mudah dan gampang kok bunda, namun pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak bunda dan sis yang belum mengerti cara membuatnya. Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga membuat masakan yang satu ini memiliki citra rasa yang beraneka ragam dari rempah yang khas dan gurih.

Proses menyiapkan Opor Ayam Bumbu Kuning:

  1. Cuci bersih ayam lalu rebus sebentar untuk menghasilkan kotorannya..
  2. Setelah itu buang air rebusan, ganti dg air baru, rebus hingga matang..
  3. Tumis bumbu halus dan laos, serai geprek, daun jeruk hingga matang dan tercium aromanya..
  4. Masukkan ayam, tahu dan air kaldu sisa rebusan, garam, gula dan kaldu bubuk..
  5. Biarkan hingga meresap, lalu masukkan santan instan yg sudah diberi air, aduk perlahan hingga mendidih dan matang..
  6. Cek rasa, siap disajikan..
Menyambut hari raya, tentu saja anda sudah menyipakan berbagai hidangan special yang akan disajikan untuk keluarga Namun jika anda bosan dengan menu opor ayam yang biasanya, kali ini anda bisa mencoba opor ayam bumbu kuning yang punya rasa tidak. Bumbu opor ayam super enak. ada varian putih ( tanpa kunyit) atau kuning ( dengan kunyit), bisa sesuai selera. bisa plih sesuai ukuran ayam yg mau di masak., dilengkapi dengan rempah dan bumbu asli.di jamin enak. CUKUP TAMBAH SANTAN DI JAMIN JADII DAN ENAK. Untuk olahan opor ayam sendiri terdapat dua macam, yaitu opor ayam kuning dan putih. Dari resep tersebut, bumbu opor ayam putih maupun kuning sangat mudah untuk dipraktekkan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat opor ayam bumbu kuning hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close