Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menyiapkan Bugis Mandi(Puteri Mandi) yang Menggugah Selera!

Coba resep bugis mandi(puteri mandi) sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi sajian yang bakal membuat meja makan semakin meriah - bugis mandi(puteri mandi)! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Bugis Mandi(Puteri Mandi)

Banyak orang malas mulai memasak bugis mandi(puteri mandi) karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bugis mandi(puteri mandi)! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Kalian dapat menghidangkan bugis mandi(puteri mandi) hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin bugis mandi(puteri mandi) yuk!

Untuk memasak Bugis Mandi(Puteri Mandi), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan bugis:.
  2. Siapkan 250 gr of tepung ketan rose brand.
  3. Dibutuhkan 25 gr of tepung beras rose brand.
  4. Dibutuhkan 1/2 sdt of garam.
  5. Sediakan Secukupnya of air panas/hangat.
  6. Gunakan Secukupnya of pasta pandan.
  7. Dibutuhkan of Bahan unti kelapa:.
  8. Siapkan 1/2 butir of kelapa parut yg diambil putihnya saja.
  9. Diperlukan 2 buah of gula merah sisir.
  10. Dibutuhkan Secukupnya of gula pasir untuk tambahan biar manisnya pas.
  11. Dibutuhkan 1 sdm of maizena(bisa skip).
  12. Siapkan Secukupnya of garam.
  13. Sediakan Secukupnya of vanili bubuk.
  14. Dibutuhkan 100 ml of air(kurang lbh).
  15. Gunakan of Bahan vla santan:.
  16. Gunakan 65 ml of santan kemasan ditambah air menjadi 500 ml.
  17. Siapkan 5 sdm munjung of maizena.
  18. Ambil 1.5 sdm munjung of tepung beras.
  19. Diperlukan Secukupnya of garam dan vanili.

Proses membuat Bugis Mandi(Puteri Mandi):

  1. Buat unti kelapa,campur maizena kedalam kelapa parut..cairkan gula merah dan gula pasir dgn air,masukkan kelapa parut lalu kasih garam dan vanili...masak hingga mengental dan bisa dibikin bulatan2.
  2. Buat adonan kulitnya,campur tepung beras,tepung ketan dan garam..tuangkan air panas yg sdh dikasih pasta pandan sedikit demi sedikit hingga kalis dan licin...buat bulatan lalu isi dgn bulatan unti kelapa,tutup kembali hingga rapat.
  3. Gulingkan kedalam minyak,lalu kukus dlm panci yg beralaskan daun pisang..kukus selama 15 hingga 20 menit,jgn lupa sesekali tutup kukusannya dibuka biar bugisnya tdk menggembung..oh iya,jgn lupa tutup kukusannya dialasi serbet ya😀.
  4. Terakhir buat vla santannya...campur tepung beras,tepung maizena,garam,vanili dan air santannya...aduk2 dgn whisk lalu masak dgn api kecil hinyya mengental dan meletup2...masak hingga mengental dan tanak ya,biar gk cpt lembek vlanya.
  5. Setelah agak dingin dan uap panas vlanya hilang..baru dikemas,tuangkan 1 sdm vla santan lalu taruh bugisnya dgn posisi yg bulat diatas vla...lalu bungkus dgn plastik opp yg direkatkan kedua sisinya...lalu kedua ujungnya direkatkan dgn isolasi bening😊.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat bugis mandi(puteri mandi). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close