Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Ayam Bandeng koya gurih Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia bikin soto ayam bandeng koya gurih yang enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep soto ayam bandeng koya gurih terbaik! Satu lagi makanan yang bisa membuat meja makan semakin meriah - soto ayam bandeng koya gurih! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Soto Ayam Bandeng koya gurih

Sebagian Besar orang sudah minder duluan soto ayam bandeng koya gurih karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam bandeng koya gurih! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dibuat terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Resep Soto Lamongan Dengan Bandeng & Bumbu Koya. Saat perut sedang terasa lapar dan udara sedang dingin, yang paling enak tentu menyantap menu masakan yang berkuah, gurih. Resep Soto Lamongan Dengan Bandeng & Bumbu Koya.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat memasak soto ayam bandeng koya gurih hanya dengan menggunakan 30 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep soto ayam bandeng koya gurih!

Untuk membuat Soto Ayam Bandeng koya gurih, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ekor of ayam merah / ayam kampung (bumbu ukep lalu goreng).
  2. Gunakan 5 btr of Telor (kukus 10 menit).
  3. Ambil 1 of ikan bandeng (goreng lalu blender halus, saring).
  4. Sediakan 2 liter of Air.
  5. Ambil of Bumbu yang di gongso :.
  6. Diperlukan 10 of Bawang merah.
  7. Diperlukan 8 of Bawang putih.
  8. Ambil 3 btr of kemiri.
  9. Gunakan 1 ruas of lengkuas.
  10. Siapkan 1 ruas of jahe.
  11. Sediakan 1 ruas of kunyit / 1/2 Sdt kunyit bubuk.
  12. Dibutuhkan 2 batang of serai (memarkan).
  13. Siapkan 1 Sdt of Gula.
  14. Siapkan 1 Sdt of garam (optional).
  15. Siapkan 1 Sdt of kaldu bubuk.
  16. Dibutuhkan 5 of Daun jeruk purut.
  17. Sediakan 2 tangkai of daun seledri dan 1 tangkai daun bawang / daun pre ).
  18. Gunakan of Bahan sambal :.
  19. Diperlukan 20 of cabe rawit (Selera).
  20. Gunakan 1 buah of kemiri (shangrai).
  21. Gunakan of Bahan koya :.
  22. Dibutuhkan 1 btr of kelapa parut (shangrai sampai berubah warna kecoklatan).
  23. Ambil of Bahan Topping :.
  24. Siapkan 1 Buah of tomat potong tipis.
  25. Dibutuhkan 150 gr of touge panjang.
  26. Siapkan 2 buah of jeruk nipis.
  27. Dibutuhkan of Bawang merah goreng sckpnya.
  28. Dibutuhkan of Kecap (optional).
  29. Dibutuhkan 5 lembar of kol rajang halus.
  30. Dibutuhkan of Su'un RRT (rendam air hangat).

Saat perut sedang terasa lapar dan udara sedang dingin, yang paling enak tentu menyantap menu masakan yang berkuah, gurih, sedap dan panas. Untungnya, di nusantara ini kaya akan berbagai menu masakan yang variatif dan kaya citarasa. Salah satunya yang cukup populer adalah soto ayam Lamongan. Soto Lamongan ini selalu disajikan dengan bubuk berwarna kuning oranye yang disebut koya udang.

Cara menghidangkan Soto Ayam Bandeng koya gurih:

  1. Siapkan panci dan tuang air.
  2. Sambil menunggu air mendidih, tahap 1 gongso bawang merah, bawang putih dan kemiri sampai bener2 harum angkat,tiriskan dan masukan blender.
  3. Tahap ke 2 iris tipis tipis rempah lalu gongso lengkuas, jahe, kunyit sampai benar2 harum rempah (proses ini lebih lama dari proses 1 agar kuah tidak tercium bau Langu dari rempah rempah).
  4. Setelah semua tahap 1 dan 2 sudah selesai blender semua bumbu dan tuang langsung ke panci kuah, tambahkan daun jeruk dan serai aduk rata lalu masukan bandeng yang sudah di saring terlebih dulu.
  5. Masukan garam, kaldu bubuk, dan gula aduk kembali sampai di rasa cukup matikan kompor taburi daun bawang / pre.
  6. Soto bandeng dan siap di sajikan dengan topping.
  7. Selamat mencoba.
Dibuat dari gerusan halus kerupuk udang. Makanya kuah soto Lamongan akan jadi sedikit. Soto ayam asal Kabupaten Kudus memiliki tampilan warna kuah agak sedikit kecokelatan. Membahas tentang kuliner soto, tidak akan ada habisnya. Jangan pikir koya itu bumbu penyedap atau micin, ya!

Mudah bukan membuat soto ayam bandeng koya gurih? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close