Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Sambal Oncom Bakar bin smit Untuk Pemula!

Ingin membuat sambal oncom bakar bin smit yang nikmat? Tidak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sambal oncom bakar bin smit terbaik! Hadirkan sambal oncom bakar bin smit untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Sambal Oncom Bakar bin smit

Banyak orang takut mulai memasak sambal oncom bakar bin smit karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal oncom bakar bin smit! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Namun, kamu juga bisa membuat sendiri di rumah, dijamin makanmu jadi makin lahap. Kelezatan oncom tak hanya populer di Jawa Barat, apalagi jika diolah menjadi sambal. Teksturnya seperti tempe, tapi bedanya terbuat dari.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menyiapkan sambal oncom bakar bin smit hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sambal oncom bakar bin smit!

Untuk menyiapkan Sambal Oncom Bakar bin smit, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/2 of Oncom.
  2. Gunakan 6 of Cabe merah.
  3. Dibutuhkan 10 of Rawit merah.
  4. Gunakan of Kencur 1 ruas jari (kalo ada).
  5. Dibutuhkan 1 Sendok teh of Garam.
  6. Sediakan 1 Sendok makan of Penyedap rasa.
  7. Siapkan 8 Siung of Bawang putih.
  8. Diperlukan 4 Siung of Bawang merah.
  9. Ambil of Kemangi (kalau ada dan mau wangi banget).
  10. Dibutuhkan 2 ruas jari of Terasi.

Sambal oncom: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan cabai merah besar dan daun salam, aduk-aduk. Panaskan wajan datar anti lengket, bakar ketan sambil dibolak-balik hingga harum. Cara membuat sambal oncom: rebus air dan bumbu halus II sampai mendidih.

Langkah-langkah memasak Sambal Oncom Bakar bin smit:

  1. Panggang oncom yang sudah di bersihkan dengan air mengalir, panggang sampai kehitaman (pakai teflon ngak pake minyak) terasi dibakar juga (optional lah).
  2. Ulek bahan sambal, cabai, rawit, bawang merah & putih, garam penyedap rasa.
  3. Angkat oncom kalau sudah kering dan wangi, patokannya kalau pinggiranya sudah agak angus aja karena itu yang bikin rasanya nanti jadi nampol, potong sedikit2 oncom lalu ulek barengan sambel sedikit deki sedikit sampai oncom haous dan rata, bisa diaduk pakai sendok juga, kalo udah nyampur ulek bagian terakhir kemangi diatas oncom & sambelnya... selamat mencoba ya gaes dijamin.......
Sajikan sate dengan siraman sambal oncom dan uli bakar. Tips membuat sate maranggi: ada baiknya menggunakan bagian has dalam karena memang bagian paling empuk. Sambal oncom is created with oncom as its main ingredients. Oncom originates from Parahyangan region of Jawa Barat, and it is the The latter usually used as condiment for ketan bakar (grilled sticky rice), while the first is a meal company, or used as the filling for lontong, serabi ("Indonesian pancake". Tumis bumbu halus, cabai hijau, dan daun salam sampai harum.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat sambal oncom bakar bin smit. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close