Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Opor Ayam kuah kuning Untuk Pemula!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep opor ayam kuah kuning ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! opor ayam kuah kuning salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Opor Ayam kuah kuning

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan opor ayam kuah kuning karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kuah kuning! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Untuk dapat menikmatinya, Anda dapat mencoba salah satu resep di bawah ini Di dalam kuah gurihnya resep opor ayam terkandung memori tentang perayaan serta cerita tentang kampung halaman. Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan. Ketiganya menciptakan cita rasa earthy, gurih, dan aroma yang menggugah selera serta. opor ayam kuah putih.

Kalian dapat membuat opor ayam kuah kuning hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 2 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep opor ayam kuah kuning!

Untuk menyiapkan Opor Ayam kuah kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 kg of ayam potong.
  2. Dibutuhkan 65 ml of santan kara.
  3. Ambil of Minyak sayur untuk menumis.
  4. Siapkan of Bumbu yg dihaluskan :.
  5. Siapkan 5 siung of bawang putih.
  6. Diperlukan 7 siung of bawang merah.
  7. Ambil 2 butir of kemiri.
  8. Gunakan 1 sdt of ketumbar.
  9. Siapkan 1/4 sdt of jinten.
  10. Gunakan 1 ruas of kunyit tua atau bsa pke kunyit bubuk.
  11. Gunakan of Bahan yg ditumis brsama bumbu halus :.
  12. Diperlukan 3 lembar of daun salam.
  13. Sediakan 1 batang of sereh (geprek).
  14. Sediakan 1 ruas of jahe (geprek).
  15. Ambil 1 ruas of lengkuas (geprek).
  16. Sediakan 1 bungkus of royko ayam.
  17. Ambil secukupnya of Garam.
  18. Gunakan 1/2 sdt of Gula.

Bismillah Masih ngikut #BelanjaIdeDiPasarCookpad Ketemu daging ayam, coba bikin makanan khas lebaran, pake resepnya Ummu Maryam, MasyaAllah mantap 👍. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Proses membuat Opor Ayam kuah kuning:

  1. Cuci ayam sampai bersih. Tiriskan. Lalu goreng sebentar ayam agar tdk bau anyir..
  2. Tumis bumbu halus smpai wangi & matang, masukkan ayam2 yg sudah digoreng td. Aduk2 lalu tmbhkan air secukupnya. Tambahkan santan, dan bumbu2 penyedap rasa. Msak smpai mendidih & matang. Cek rasa. Tambahkan bawang goreng diatasnya. Sajikan..
Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Kuah opor yang gurih dan aromanya yang menggugah selera biasanya disajikan bersama ketupat. Makanan khas Indonesia ini ternyata punya beberapa varian lho!

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat opor ayam kuah kuning hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close