Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Soto Medan Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia memasak soto medan yang nikmat? Gak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto medan terbaik! soto medan merupakan satu dari sekian banyak menu makanan yang paling digemari. Yuk, saatnya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Soto Medan

Pada umumnya orang sudah minder duluan soto medan karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto medan! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

A bit more expensive than usual price but. Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Keduanya juga menggunakan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning.

Kalian dapat menghidangkan soto medan hanya dengan menggunakan 26 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto medan yuk!

Untuk menghidangkan Soto Medan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 kg of daging sapi.
  2. Sediakan 2 bungkus of santan kemasan.
  3. Siapkan 1 sdt of lada putih.
  4. Sediakan secukupnya of Garam.
  5. Sediakan secukupnya of Kaldu jamur.
  6. Dibutuhkan secukupnya of Gula.
  7. Siapkan of Bumbu Halus.
  8. Dibutuhkan 10 siung of bawang merah.
  9. Dibutuhkan 4 siung of bawang putih.
  10. Dibutuhkan 10 butir of kemiri.
  11. Dibutuhkan 1 ruas jari of jahe.
  12. Siapkan 2-3 sdt of kunyit bubuk.
  13. Diperlukan of Rempah.
  14. Dibutuhkan 2-3 batang of serai, geprek.
  15. Ambil 2-3 lembar of daun jeruk.
  16. Gunakan 2-3 lembar of daun salam.
  17. Diperlukan 3 ruas jari of lengkuas, geprek.
  18. Ambil of Pelengkap.
  19. Diperlukan of Tomat dipotong dadu.
  20. Ambil of Daun seledri iris tipis.
  21. Sediakan of Bawang goreng.
  22. Siapkan of Perkedel kentang.
  23. Sediakan of Emping.
  24. Siapkan of Sambal cabai rawit.
  25. Diperlukan of Jeruk nipis.
  26. Ambil of Telur rebus.

Soto Medan berbeda dari soto pada umumnya, soto Medan memiliki rasa gurih yang khas berasal dari santan dan rempah. Bagi teman-teman yang ingin mengurangi lemak dari santan. Dan soto Medan menjadi salah satu menu masakan yang paling diminati selama sepekan terakhir Soto ini juga bisa dibuat dengan sangat mudah di rumah. Mau mencoba membuat soto Medan yang.

Proses menyiapkan Soto Medan:

  1. Rebus daging setengah matang, sisihkan kaldu untuk dipakai jadi kuah. Potong daging berbentuk dadu, rebus kembali..
  2. Blender semua bumbu halus, tumis hingga harum. Masukkan rempah, dan tambahkan kunyit bubuk, masak hingga air asat dan berminyak..
  3. Campur bumbu yang telah ditumis ke dalam rebusan daging. Tambahkan santan, kaldu jamur, garam, gula dan lada bubuk. Tambahkan air sesuai selera, saya pakai banyak kuah karena keluarga suka yang kuahnya banyak 😆 Rebus hingga mendidih atau sampai daging empuk, sembari koreksi rasa..
  4. Irisan tomat, seledri, dan bawang goreng dapat langsung dicampur ke rebusan soto ketika sudah matang, atau dapat disajikan terpisah. Soto siap disajikan dengan pelengkap..
Resep soto medan dengan daging ayam. Kuahnya terasa gurih dan enak pastinya, apalagi campuran bumbu rempahnya cukup banyak. Ada soto lamongan, soto betawi, soto kudus, dan soto-soto lainnya. Tak kalah dari daerah lain, Medan juga memiliki hidangan soto. Meskipun sama-sama soto tetapi soto medan memiliki cita.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto medan hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close