Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan Kue jongkong Untuk Pemula!

Coba resep kue jongkong sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Menu kue jongkong ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Kue jongkong

Kebanyakan orang malas mulai memasak kue jongkong karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue jongkong! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia. Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jongkong ini di buat dengan bahan dasar tepung beras dan juga tepung tapioka yang di campur.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat membuat kue jongkong hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kue jongkong!

Untuk menyiapkan Kue jongkong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan of tepung protein rendah.
  2. Dibutuhkan of tepung kanji.
  3. Dibutuhkan of gula pasir.
  4. Diperlukan of garam.
  5. Ambil of abu merang.
  6. Diperlukan of air santan, rebus, dinginkan.
  7. Dibutuhkan of Topping : kelapa parut.

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Proses memasak Kue jongkong:

  1. Persiapan bahan.
  2. Buat abu merang dari abu pembakaran daun pisang lalu saring abunya.
  3. Campur semua bahan kering sambil diaduk rata.
  4. Tambahkan santan lalu aduk hingga gula larut.
  5. Masak adonan sambil terus diaduk sampai menggumpal dan tidak lengket.
  6. Siapkan daun pisang yg sudah layu untuk membungkus kue.
  7. Letakkan adonan di atas daun pisang lalu bungkus rapat.
  8. Kukus kue selama 20 - 30 mnt hingga matang.
  9. Keluarkan dari kukusan dan tunggu dingin kemudian potong2 dan baluti dengan kelapa parut.
  10. Siap disajikan ya..tambah kelapa parut nya agak banyak enak juga.
Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Mudah bukan membuat kue jongkong? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close