Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kolak Jongkong Lapis Kekinian

Coba resep kolak jongkong lapis sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Menu kolak jongkong lapis ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Kolak Jongkong Lapis

Banyak orang malas mulai memasak kolak jongkong lapis karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kolak jongkong lapis! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat memasak kolak jongkong lapis hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kolak jongkong lapis!

Untuk memasak Kolak Jongkong Lapis, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Jongkong Lapis Ijo.
  2. Diperlukan of Tepung Beras (saya pakai Rose Brand).
  3. Diperlukan of Tepung Sagu.
  4. Ambil of Garam.
  5. Sediakan of Daun Pandan.
  6. Siapkan of Daun Suji.
  7. Diperlukan of Santan Kara (65 ml).
  8. Sediakan of Air untuk blender daun pandan dan suji.
  9. Ambil of Air.
  10. Dibutuhkan of Jongkong Lapis Putih.
  11. Ambil of Tepung Beras.
  12. Ambil of Tepung Sagu.
  13. Gunakan of Garam.
  14. Sediakan of Santan Kara (65 ml).
  15. Siapkan of Air.
  16. Diperlukan of daun Pandan (ikat).
  17. Gunakan of Santan.
  18. Ambil of Santan Kara (65ml).
  19. Ambil of air.
  20. Siapkan of Garam.
  21. Dibutuhkan of Pandan (ikat).
  22. Dibutuhkan of Kinca.
  23. Dibutuhkan of Gula merah.
  24. Ambil of Air.
  25. Siapkan of Pandan (ikat).

Cara menyiapkan Kolak Jongkong Lapis:

  1. Blender Daun Pandan dan suji dgn 200 ml air. Kemudian saring, agar serat2 daun tidak ikut tercampur. Didihkan air suji dan pandan yg telah disaring tsb. Kemudian dinginkan. Setelah dingin masukan santan dan tambahkan 200 ml air putih. Aduk sampai tercampur. Untuk step ini jika ibu2 tidak punya daun pandan/suji bisa memakai pewarna pasta pandan untuk makanan ya..
  2. Campurkan Tepung Beras, Tepung Sagu dan garam di panci, tuangkan larutan air (suji pandan santan) ke dalam panci. Masak dan aduk cepat hingga meletup2 dan menggumpal. Setelah menggumpal, angkat dan ratakan di dalam wadah. Saya pakai tupperware yg bentuk persegi panjang. Diamkan sampai dingin dan adonan agak keras (membentuk).
  3. Lapisan Putihnya : Campurkan Tepung Beras, Tepung Sagu, garam, daun pandan tambahkan larutan santan yang sudah ditambah air 200 ml. Masak dan aduk cepat sampai meletup2 dan adonan menggumpal..
  4. Kemudian masukan ke dalam wadah yg tdi sudah ada adonan hijau nya (yg sudah dingin). Ratakan diatasnya. Diamkan sampai dingin..
  5. Santan : Didihkan santan kara kecil dan 75 ml air tambahkan garam dan daun pandan. Aduk2 sampai mendidih. Angkat dan pisahkan..
  6. Kinca : Didihkan Air 250 ml dengan gula merah 200 gr tambahkan daun pandan. Aduk merata sampai mendidih. Saya tambahkan sedikit jahe. (Bisa dgnti dgn nangka, atau jika tidak suka jahe/nangka jga tdak usah dtmbahkan).
  7. Potong2 kotak Jongkong Lapis yg sudah mengeras. Siram dengan Saus Kinca dan Santan. Bisa disajikan hangat atw pakai es juga nikmat..

Mudah bukan membuat kolak jongkong lapis? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close