Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Roti Ketawa Kekinian

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep roti ketawa ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! roti ketawa, makanan gampang dan cepat untuk dimasak. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Roti Ketawa

Kebanyakan orang sudah minder duluan roti ketawa karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari roti ketawa! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Terima pesanan dari luar kota dan luar propinsi. Baiklah, untuk memulai kreasi roti ketawa terlebih dahulu yang harus disiapkan adalah bahan-bahannya. Dan untuk daftar bahan, takaran saji serta langkah penyajiannya bisa selengkapnya di.

Sobat dapat memasak roti ketawa hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin roti ketawa yuk!

Untuk menyiapkan Roti Ketawa, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 500 gram of terigu (saya pakai cakra kembar).
  2. Dibutuhkan 1/2 sdt of baking soda.
  3. Siapkan 1/2 sdt of baking powder.
  4. Gunakan 1/2 sdt of vanili.
  5. Ambil 1 sdt of garam.
  6. Siapkan 14 sdm of gula pasir (blender halus) ato boleh pake lgsg gula halus.
  7. Diperlukan 1 butir of telur ayam.
  8. Ambil 2 sdm of minyak goreng.
  9. Ambil 60 ml of air panas.
  10. Gunakan secukupnya of Wijen.
  11. Gunakan secukupnya of Air utk celupan.

Roti Ketawa merupakan kuliner tradisional asli Indonesia, kuliner khas dari Pematangsiantar yang Bagi masyarakat Sumatera Utara, roti ketawa ini sudah tidak asing lagi. Sama seperti halnya dengan Bentuknya bulat mirip onde-onde karena sama-sama ditaburi wijen. Roti Klatak Khas Tanjung Balai - IMS. Roti Ketawa, מדאן, Medan City, סומטרה אוטרה (צפון סומטרה), אינדונזיה.

Langkah-langkah menyiapkan Roti Ketawa:

  1. Ayak tepung, baking powder, soda kue, Vanili, dan garam, kemudian sisihkan.
  2. Blender gula pasir hingga halus tanpa air, (boleh juga pake gula halus, kebetulan saya gak punya) kemudian larutkan gula yg diblender dgn air panas dan diaduk hingga gula larut dan biarkan hingga dingin ato hingga suhu ruang.
  3. Kocok telur dengan 2 sdm minyak goreng (saya pakai minyak zaitun) hingga tercampur rata pake wisk ato garpu.
  4. Masukkan kocokan telur+minyak goreng yg sudah tercampur rata ke bahan campuran tepung dan kawan-kawan, kemudian tuang perlahan larutan air gula dan diuleni hingga kalis atau tidak ada lagi yg lengket ditangan boleh beri tepung terigu lagi jika adonan masih terasa lengket ditangan.
  5. Bulatkan adonan sesuai selera, saya bulatinnya kecil imut-imut biar bisa sekali hap wktu dimakan hehe...karna saat menggoreng akan membesar sedikit koq ya.
  6. Setelah semua adonan selesai dibulat-bulatkan celupkan sebentar kedalam wadah yg berisi air kemudian guling-guling kewadah yg berisi wijen hingga tertutup semua permukaan adonan dengan wijen kemudian adonan dibulat-bulatkan lagi (gunanya agar wijen lebih nempel dan tidak gampang lepas/terbuang saat menggoreng) agak ribet dan kesannya 2x kerja seh tpi biar keliatan maksimal hasil roti ketawanya dan lebih hemat wijen.
  7. Panaskan minyak dengan api sedang, setelah minyak panas (gak pake banget) kemudian masukkan adonan, awal menggoreng adonan harus terendam dalam minyak dan akan mengapung dan tertawa mekar dengan sendirinya jadi gak perlu di gunting-gunting adonannya, kita hanya perlu membolak balik adonan biar matangnya rata dan gak gosong, setelah warnanya kuning keemasan angkat... tiriskan... siap disajikan 🤤🤤👍.
Lihat juga resep Kue ketawa anti gagal enak lainnya. Gimbal adalah udang goreng tepung yang menyerupai rambut gimbal. Bentuk inilah yang dianggap seperti orang yang sedang ketawa. Roti ketawa berasal dari Medan, Sumatera Utara. Berkunjung ke Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, tak lengkap tanpa membeli roti ketawa.

Selamat mencoba resep roti ketawa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close