Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kue pepe khas betawi yang Lezat Sekali!

Coba resep kue pepe khas betawi sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! kue pepe khas betawi cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan perayaan.

Kue pepe khas betawi

Pada umumnya orang tidak berani memasak kue pepe khas betawi karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue pepe khas betawi! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Kue khas Betawi ini sekarang sudah langka. Kehadiran kue geplak betawi biasanya ada di saat pesta pernikahan di mana kue ini akan dijadikan kue Kue pepe ini mempunyai tampilan yang cantik dengan lapisan warna yang berlapis-lapis. Selain terkenal dengan sebutan kue pepe, ternyata kue ini.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menghidangkan kue pepe khas betawi hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue pepe khas betawi yuk!

Untuk menghidangkan Kue pepe khas betawi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 250 gr of tepung sagu(me tapioka merk sagu tani).
  2. Ambil 30 gr of tepung terigu.
  3. Siapkan 200 gr of gula pasir.
  4. Dibutuhkan 600 ml of santan(me 200 ml kara+air).
  5. Siapkan 2 lbr of daun pandan.
  6. Ambil 15 lbr of daun jeruk(buang tulang tengahnya).
  7. Gunakan 1 sdt of garam.
  8. Siapkan 3 sdm of endapan daun suji(me pasta pandan 1 sdt).

Makanan Betawi adalah masakan khas yang berasal dari Suku Betawi. Masakan Betawi mudah ditemukan di acara-acara tertentu yang diselenggarakan di Jakarta seperti pada acara Lebaran Betawi , pernikahan, hari raya Idul Fitri atau di warung-warung tertentu yang menyajikan makanan khas. Bagi masyarakat Betawi dan sekitar, kue Ape bukanlah sebuah kuliner yang asing. Kue Ape bisa dikatakan memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pancake.

Proses menyiapkan Kue pepe khas betawi:

  1. Masak santan,gula,daun jeruk,daun pandan dan garam sampai mendidih.biarkan sampai dingin!!!.
  2. Setelah santan dingin buang daun jeruk dan daun pandan,masukan sagu dan tepung terigu aduk rata pake whisk,saring kemudian bagi 2 adonan(yg satu biarkan putih yg satu lagi beri air endapan daun suji,saya pake pasta pandan😁)sebelum membagi 2 adonan ambil dulu adonan kira2 2 centong sayur untuk lapisan merah paling atas nantinya,beri pewarna makanan merah cabe.saya adanya pasta red velvet jd pakai itu!!!.
  3. Kukusan harus sudah di panaskan terlebih dahulu,loyang olesi minyak goreng.kukus selapis demi selapis bergantian,tiap lapisan 5 menit baru tuang lg dengan takaran yg sama😊terakhir lapisan merah kemudian kukus kurang lebih 25 menit..
  4. Setelah matang biarkan sampai benar2 dingin baru potong pakai solet/spatula tipis yg plastik dan olesi minyak.kukus dengan api sedang cenderung kecil!!!resep di atas untuk loyang ukuran 20/gunakan loyang loaf👆🏻.
Dibuat dari sebuah kuali kecil, membuat kue Ape memiliki ciri khas bentuk tebal pada bagian tengah dan tipis renyah pada bagian pinggirnya. Makanan Khas Betawi - Betawi sebagai salah satu suku yang ada di Pulau Jawa memiliki Berikut resep makanan khas betawi kerak telor. Pertama-tama kocok satu butir telur bebek Makanan ringan khas betawi lainnya adalah kue pepe. Tekstur kue pepe lembut, legit, dan berlapis-lapis. Selain Kue Pepe masih banyak kue-kue khas Betawi lainnya yang perlu penanganan serius agar kue-kue tersebut tidak hilang ditelan zaman.

Selamat mencoba resep kue pepe khas betawi! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close