Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menyiapkan Soto Ayam Khas Kudus Anti Gagal!

Bosan sama hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep soto ayam khas kudus ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Satu lagi makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - soto ayam khas kudus! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Soto Ayam Khas Kudus

Kebanyakan orang malas mulai memasak soto ayam khas kudus karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam khas kudus! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Lihatlah cara membuat bumbu masakan soto kudus supaya Apa saja sih bahan bumbu masakan soto ayam khas kota kudus. Tentunya ada bahan bumbu rahasia kuah soto daging ayam jawa tengah ini. Pada awalnya, soto khas kota kretek ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utama.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menghidangkan soto ayam khas kudus hanya dengan menggunakan 29 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep soto ayam khas kudus!

Untuk menyiapkan Soto Ayam Khas Kudus, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 500 gram of ayam.
  2. Dibutuhkan 1,5 liter of air.
  3. Sediakan Secukupnya of garam, gula, kaldu bu2k.
  4. Diperlukan 1 sdm of kecap manis.
  5. Ambil 2 ruas of jare lengkuas, geprek.
  6. Dibutuhkan 1 batang of serai, geprek.
  7. Sediakan 2 lembar of daun salam.
  8. Gunakan 2 lembar of daun jeruk.
  9. Gunakan Secukupnya of minyak untuk menumis.
  10. Gunakan of Bumbu halus.
  11. Dibutuhkan 8 siung of bamer.
  12. Diperlukan 5 siung of baput.
  13. Gunakan 2 ruas jari of kunyit.
  14. Diperlukan 1,5 sdt of ketumbar.
  15. Ambil 3 butir of kemiri.
  16. Siapkan 2 ruas jari of jahe.
  17. Gunakan 1 sdt of merica bu2k.
  18. Sediakan 1/2 sdt of jinten.
  19. Sediakan of Bahan pelengkap.
  20. Gunakan Secukupnya of nasi putih.
  21. Sediakan Secukupnya of tauge,seduh/rendam air panas (me: tauge segar).
  22. Dibutuhkan Secukupnya of bawang putih goreng (me: bawang goreng campur).
  23. Gunakan Secukupnya of jeruk nipis.
  24. Diperlukan of Bahan sambal.
  25. Sediakan 2 butir of kemiri goreng.
  26. Gunakan 1 buah of tomat ukuran kecil.
  27. Sediakan 10 buah of cabe rawit.
  28. Gunakan 1/2 of jeruk nipis.
  29. Gunakan Secukupnya of garam, gula & kaldu bu2k.

Selain suwiran daging ayam, semangkuk soto Kudus juga terisi dengan taoge dan telur rebus. Soto ini bisa dijadikan sebagai salah satu kreasi hidangan lezat untuk keluarga Anda di rumah. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia, and popular in Singapore, Malaysia and Suriname. Ciri khas soto kudus dengan kuah yg punya rasa kuat dengan bumbu rempah.

Proses menyiapkan Soto Ayam Khas Kudus:

  1. Resep d atas resep asli bunda Henny, sy hanya membuat 1/2 resep, jadi semua menyesuaikan y moms🥰.
  2. Siapkan bahan, rebus daging ayam -+ 2-3 menit, lalu buang airnya. Kemudian rebus kembali..
  3. Haluskan bumbu, tumis bumbu bersama serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, tumis sampai harum..
  4. Kemudian masukkan tumisan bumbu, kecap manis, garam, gula & kaldu bu2k k dalam rebusan daging ayam, biarkan mendidih dan bumbu meresap (daging ayam matang), cek rasa. Ambil daging ayam, tiriskan. Goreng daging d minyak panas sebentar saja. Tiriskan, kemudian d suwir2 saat daging sudah dingin.
  5. Untuk sambal, haluskan smua bahan sambal, lalu beri perasan jeruk nipis.
  6. Penyajian, letakkan secukupnya nasi d dasar mangkuk, tambahkan tauge & daging ayam suwir. Siram dengan kuah soto panas, taburi bawang goreng dan potongan daun bawang. Dan Soto ayam Khas Kudus siap d hidangkan🤗.
  7. Selamat menikmati💕.
Perkedel dan tempe goreng yg maknyus. Berawal di jalan Ahmad Dahlan, depan Rumah Sakit Telogo Rejo, Semarang, kini Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin telah membuka beberapa cabang. Soto Kudus dengan ciri khas mangkuk kecil dan sendok bebek ini seakan tak pernah kehilangan penggemar. Tak hanya di Jakarta, kota Semarang juga punya soto ayam yang menggoda. Soto Kudus adalah salah satu kuliner Indonesia yang memiliki citra rasa tersendiri.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto ayam khas kudus. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close