Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal asam jeruk Anti Gagal!

Sedang cari resep sambal asam jeruk yang paling lezat? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep sambal asam jeruk terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan sambal asam jeruk! Hidangan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Sambal asam jeruk

Banyak orang sudah minder duluan sambal asam jeruk karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal asam jeruk! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Makanan yang diberikan jeruk limau akan menambah harum aroma masakan tersebut. Jeruk sambal merupakan anggota marga citrus atau marga jeruk. Biasa digunakan dalam masakan dan sambal.

Kawan-kawan dapat membuat sambal asam jeruk hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin sambal asam jeruk yuk!

Untuk menyiapkan Sambal asam jeruk, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan 1:.
  2. Gunakan 7 bh of cabe rawit merah (me:10 bh).
  3. Sediakan 5 bh of cabe merah keriting (me:3 bh cabe merah besar).
  4. Siapkan 3 siung of bawang putih.
  5. Gunakan 2 sdt of terasi (me: 1 sdt terasi bakar).
  6. Gunakan 1 sdt of garam.
  7. Gunakan 3 sdm of gula pasir.
  8. Gunakan of Bahan 2:.
  9. Diperlukan 4 lbr of daun jeruk, dirajang halus.
  10. Sediakan 6 bh of bawang merah, dirajang.
  11. Gunakan 1 bh of tomat merah, potong dadu kecil.
  12. Dibutuhkan 3 bh of jeruk nipis (me: 1/2 bh krn stok kurang).
  13. Siapkan 50 ml of air panas.

Jeruk-jeruk ini berguna pada masakan yang berbeda. Di Indonesia, ada lima macam jenis jeruk asam yang biasa digunakan untuk berbagai masakan, yakni jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk limau. Sambal daun jeruk bisa jadi pilihan yang tepat nih. Bakal jadi menu makanan yang enak banget nih.

Langkah-langkah menghidangkan Sambal asam jeruk:

  1. Uleg bahan 1 hingga cukup halus..
  2. Masukkan daun jeruk dan bawang merah, uleg kembali..
  3. Masukkan tomat, uleg kasar saja (tdk sampai halus bgt).
  4. Tambahkan perasan jeruk nipis dan air panas, aduk rata pake sendok..
  5. Sambal asam jeruk siap dinikmati bersama ikan/ayam/tempe/tahu goreng maupun bakar. Sampai besok pun sambal ini tidak bau dan msh oke, sudah aku coba momss❤️.
Cara membuatnya: - Ulek semua bahan (kecuali jeruk limo/asam sundai, daun jeruk & minya goreng). Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang sudah dikenal banyak orang dan populer dikalangan masyarakat, buah ini juga memiliki ragam dan variasi tergantung daerah masing-masing. Cara mudah memasak sambal asam udeung dari Dapur Rasamasa. Sebagai teman makan ikan, sambal dabu-dabu punya rasa segar dan asam yang unik. Rasa asam ini dihasilkan dari komposisi utamanya yaitu tomat.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat sambal asam jeruk. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close