Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Opor kuning ayam telor kentang Untuk Pemula!

Bosen sama makanan yang itu-itu aja? Mari coba resep opor kuning ayam telor kentang ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! opor kuning ayam telor kentang, makanan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Opor kuning ayam telor kentang

Banyak orang malas mulai memasak opor kuning ayam telor kentang karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari opor kuning ayam telor kentang! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar masakan yang dihasilkan terasa lezat. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Opor ayam kuning jadi hidangan ikonik saat lebaran. Memang di Indonesia kurang afdol rasanya berlebaran tanpa ada sajian opor di rumah. Opor ayam kuning biasa disantap setelah shalat Ied.

Kawan-kawan dapat menghidangkan opor kuning ayam telor kentang hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin opor kuning ayam telor kentang yuk!

Untuk menghidangkan Opor kuning ayam telor kentang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 ekor of ayam.
  2. Siapkan 6 buah of telor rebus.
  3. Siapkan 4 buah of kentang.
  4. Siapkan secukupnya of Garam, gula, penyedap.
  5. Gunakan 1000 ml of santan.
  6. Diperlukan 100 ml of air.
  7. Ambil 4 lembar of salam.
  8. Gunakan of Bawang goreng untuk taburan.
  9. Gunakan of Bumbu halus.
  10. Gunakan 7 siung of bawang merah.
  11. Gunakan 5 siung of bawang putih.
  12. Gunakan 1/2 sdt of jinten.
  13. Sediakan 1 sdm of ketumbar.
  14. Diperlukan 2 ruas jari of kunyit.
  15. Siapkan 1 ruas jari of jahe.
  16. Gunakan 4 buah of kemiri.

Dimakan bersama dengan keluarga hingga tamu yang datang ke rumah. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Proses menyiapkan Opor kuning ayam telor kentang:

  1. Cuci bersih ayam dan kentang, kemudian goreng asal ayam, kentang dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum tambahkan daun salam.
  3. Setelah bumbu matang, masukkan air sedikit demi sedikit dan masak kembali bumbu hingga benar" matang.
  4. Pindahkan kewadah lebih besar dan masukkan santan secara bertahap, kemudian masukkan telur, ayam, kentang dan garam, gula, penyedap. Masak opor hingga matang. Sajikan dengan taburan bawang goreng (jgn lupa test rasa yaa).
Resep Opor Telur Kuning, Masakan Rumahan Terfavorit. Sejatinya, Opor Telur Kuning ini juga masih mengandung daging ayam. Selanjutnya, kita masak bumbu halus bersama ayam dan isi panci dengan paduan santan cari serta kemudian santan kental. Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga membuat masakan yang satu ini memiliki citra rasa yang beraneka. Variasi yang pertama adalah resep opor ayam bumbu kuning campur kentang seperti gambar di atas dengan pemakaian bahan dan bumbu sebagai mana yang tertulis di bawah ini Persiapan Bumbu Halus Opor Ayam Bumbu Kuning.

Mudah bukan membuat opor kuning ayam telor kentang? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close