Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Membuat Ongol-Ongol Ubi Kayu (Singkong) yang Menggugah Selera!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep ongol-ongol ubi kayu (singkong) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hadirkan ongol-ongol ubi kayu (singkong) untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Ongol-Ongol Ubi Kayu (Singkong)

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan ongol-ongol ubi kayu (singkong) karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ongol-ongol ubi kayu (singkong)! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibuat tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat membuat ongol-ongol ubi kayu (singkong) hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ongol-ongol ubi kayu (singkong)!

Untuk membuat Ongol-Ongol Ubi Kayu (Singkong), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 700 gr of ubi kayu (singkong).
  2. Siapkan 200 gr of gula pasir.
  3. Diperlukan 1 bungkus of agar-agar plain.
  4. Gunakan 4 sdm of fiber creme.
  5. Dibutuhkan 25 gr of tepung tapioka.
  6. Sediakan 1/2 sdt of vanili bubuk.
  7. Ambil 1 sdt of garam.
  8. Siapkan of Pewarna makanan.
  9. Dibutuhkan of Bahan baluran :.
  10. Ambil of Kelapa parut.

Proses memasak Ongol-Ongol Ubi Kayu (Singkong):

  1. Kupas singkong kemudian cuci bersih.
  2. Potong singkong kecil-kecil, masukkan ke blender & beri sedikit air. Blender hingga halus.
  3. Masukkan blenderan singkong ke dalam wadah. Masukkan gula pasir, agar-agar, tepung tapioka, fiber creme, vanili bubuk & garam kemudian aduk rata.
  4. Bagi menjadi 2 adonan. Tuang pada loyang yg seluruh permukaannya sudah diolesi dengan minyak.
  5. Beri masing-masing adonan pewarna sesuai selera, aduk hingga warna tercampur rata.
  6. Kukus selama 30 menit pada kukusan yg sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus sampai matang kemudian angkat.
  7. Dinginkan terlebih dahulu sampai agar-agar set.
  8. Bahan baluran : taburi kelapa parut dengan dengan sedikit garam & gula pasir, aduk rata & tes rasa. Kukus selama 10 menit agar tahan lama & tidak cepat basi.
  9. Potong ongol-ongol dengan pisau yg sudah dibaluri air/pisau plastik. Balurkan ke kelapa parut. Ongol-ongol siap disajikan ❤.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat ongol-ongol ubi kayu (singkong) hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close