Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menyiapkan Opor ayam kuah kuning Kekinian

Sedang nyari resep opor ayam kuah kuning yang paling lezat? Gak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep opor ayam kuah kuning terbaik! Satu lagi sajian yang bisa bikin meja makan semakin meriah - opor ayam kuah kuning! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Opor ayam kuah kuning

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan opor ayam kuah kuning karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kuah kuning! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa enak. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Untuk dapat menikmatinya, Anda dapat mencoba salah satu resep di bawah ini Di dalam kuah gurihnya resep opor ayam terkandung memori tentang perayaan serta cerita tentang kampung halaman. Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan. Ketiganya menciptakan cita rasa earthy, gurih, dan aroma yang menggugah selera serta. opor ayam kuah putih.

Teman-teman dapat memasak opor ayam kuah kuning hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin opor ayam kuah kuning yuk!

Untuk menyiapkan Opor ayam kuah kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1/2 ekor of ayam.
  2. Diperlukan 2 bungkus of santan kara 65 ml instant.
  3. Sediakan 100 ml of susu uht.
  4. Diperlukan of Bumbu geprek/cemplung.
  5. Ambil 1 batang of sereh.
  6. Gunakan 1/2 ruas of lengkuas.
  7. Ambil 2 lembar of daun salam.
  8. Sediakan 2 lembar of daun jeruk.
  9. Dibutuhkan of Bumbu halus.
  10. Siapkan 1/4 ruas of kunyit.
  11. Dibutuhkan 1/4 ruas of jahe.
  12. Dibutuhkan 1/2 of kemiri.
  13. Gunakan 1/2 of pala.
  14. Dibutuhkan of Ketumbar bubuk.
  15. Gunakan Sedikit of garam.
  16. Sediakan of Perasa.
  17. Dibutuhkan 1/2 sdt of kaldu ayam.
  18. Dibutuhkan Secukupnya of garam & gula.
  19. Dibutuhkan 1/2 sdt of lada.
  20. Ambil of Topping pelengkap.
  21. Siapkan of Bawang goreng.

Bismillah Masih ngikut #BelanjaIdeDiPasarCookpad Ketemu daging ayam, coba bikin makanan khas lebaran, pake resepnya Ummu Maryam, MasyaAllah mantap 👍. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Proses menghidangkan Opor ayam kuah kuning:

  1. Cuci ayam dengan air mengalir, beri garam ato jeruk nipis,diamkan.
  2. Rebus ayam sesuai selera.. angkat dan buang airnya.
  3. Didihkan air, masukan ayam.. dan bumbu cemplung.
  4. Tumis bumbu halus sampai wangi...
  5. Masukan bumbu halus ke panci berisi ayam.
  6. Lalu beri santan dan beri susu uht,perlahan.
  7. Beri perasa.. koreksi rasa.. jika sudah.. pastikan ayam sdh empuk..angkat dan sajikan.
Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Kuah opor yang gurih dan aromanya yang menggugah selera biasanya disajikan bersama ketupat. Makanan khas Indonesia ini ternyata punya beberapa varian lho!

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat opor ayam kuah kuning hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close