Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Soto ayam bening Anti Gagal!

Ingin tau rahasia memasak soto ayam bening yang lezat? Tidak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep soto ayam bening terbaik! soto ayam bening salah satu menu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Soto ayam bening

Banyak orang sudah minder duluan soto ayam bening karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam bening! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Soto Ayam memang tidak ada matinya. Dari anak-anak hingga orang dewasa pasti menggemari makanan khas Nusantara satu ini. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas soto ayam.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat membuat soto ayam bening hanya dengan menggunakan 23 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto ayam bening yuk!

Untuk memasak Soto ayam bening, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/2 kg of dada ayam.
  2. Sediakan 250 gr of kecambah rebus.
  3. Sediakan 1 buah of tomat potong dadu.
  4. Sediakan 3 batang of daun sledri iris halus.
  5. Sediakan 1 batang of daun bawang iris halus.
  6. Dibutuhkan secukupnya of bawang putih dan bawang merah goreng.
  7. Dibutuhkan 2 lembar of daun salam.
  8. Dibutuhkan 3 lembar of daun jeruk.
  9. Sediakan 1 batang of serai geprek.
  10. Sediakan 1 ruas of laos memarkan.
  11. Ambil 1 ruas of jahe memarkan.
  12. Gunakan 1 buah of bunga pekak.
  13. Sediakan 2 butir of kapulaga.
  14. Gunakan 2 butir of cengkeh.
  15. Gunakan 1 sdm of gula pasir.
  16. Siapkan secukupnya of garam.
  17. Ambil secukupnya of kaldu ayam bubuk.
  18. Gunakan of minyak secukupnya untuk menumis.
  19. Diperlukan 1,2 liter of air untuk kuah.
  20. Dibutuhkan of bumbu uleg halus.
  21. Gunakan 6 buah of bawang merah.
  22. Ambil 4 siung of bawang putih.
  23. Gunakan 1/2 sdt of merica bubuk.

Resep soto ayam ini sesuai dengan tampilan soto pada umumnya, yakni berwarna kuning. Resep Soto Ayam Solo yang terkenal adalah soto ayam bening segar khas yang berbahan dari daging sapi. Kuliner soto ayam bening ala tradisional ini menggunakan bahan bahan bumbu masakan soto ayam alami dan cukup mudah di cari, sehingga bunda tetap dapat memasak soto ayam kuah bening. Resep soto ayam bening ternyata menggunakan bumbu soto ayam sederhana dan cara membuat soto ayam kuah bening juga cukup mudah.

Cara menyiapkan Soto ayam bening:

  1. Rebus ayam sampai keluar busanya, buang airnya lalu siapkan panci masukkan ayam dan air untuk kuah, didihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan daun salam, sereh, daun jeruk, kapulaga, bunga Lawang dan cengkeh, tumis sampai daun salam layu, lalu masukkan sedikit air,saya 100 ml lalu masak sampai air menyusut supaya bumbu matang sempurna dan tidak langu, setelah bumbu matang langsung masukkan k air rebusan untuk kuah, lalu masukkan garam gula dan kaldu bubuk, masak dengan api kecil supaya kaldu dari daging ayamnya keluar.
  3. Jika ayam sudah matang, angkat dari kuah, tiriskan lalu goreng, lalu suir2.
  4. Dalam mangkuk siapkan nasi putih, tata diatasnya kecambah yg sudah di rebus, ayam suwir,tomat yg sudah dipotong,lalu daun sledri dan bawang, dan duo bawang goreng, siram kuah panas2, soto bening segar siap dinikmati. tambahkan pula sambal dan jeruk nipis. selamat mencoba.
Yuk bunda belajar membuat resep soto ayam kreasi. Resep Soto Ayam Bening - Indonesia memiliki banyak olahan resep soto atau sroto yang beraneka ragam bentuk sajian dan rasanya. Mulai dari soto bening, soto bersantan, dan juga soto kuah coklat. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia, and popular in Singapore, Malaysia and Suriname. Dinamakan soto ayam bening karena memang memiliki kuah kuning bening, sedangkan isinya tidak berbeda jauh dengan soto pada umumnya yakni ayam, kubis, tauge tomat dan lain-lain.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat soto ayam bening hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close