Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Ayam Ambengan Koya yang Enak!

Coba resep soto ayam ambengan koya sebagai hidangan istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! soto ayam ambengan koya merupakan satu dari sekian banyak menu makanan yang paling digemari. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Soto Ayam Ambengan Koya

Sebagian Besar orang takut mulai memasak soto ayam ambengan koya karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam ambengan koya! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Tenangin pake SOTO AYAM AMBENGAN kuy! Sadi'yi sipariş ederken karım, iş yerlerinden birine taksiyi sipariş etti. Ben soto çalıştı (tavuk sarı çorba) kadar hiçbir şey olağandışı değildi.

Kawan-kawan dapat memasak soto ayam ambengan koya hanya dengan menggunakan 36 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto ayam ambengan koya yuk!

Untuk memasak Soto Ayam Ambengan Koya, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 ekor of ayam belah 4 bagian.
  2. Gunakan 1 1/2-2 liter of air.
  3. Dibutuhkan 1-2 sdm of garam (sesuaikan selera).
  4. Gunakan 1 sdt of gula (sesuaikan selera).
  5. Diperlukan Secukupnya of kaldu ayam.
  6. Sediakan Secukupnya of minyak goreng untuk menumis.
  7. Gunakan of Bahan kering.
  8. Siapkan 6 lembar of daun jeruk.
  9. Sediakan 2 lembar of daun salam.
  10. Sediakan 3 batang of daun bawang iris sesuai selera.
  11. Siapkan Sejempol of jahe digeprek.
  12. Diperlukan Sejempol of laos digeprek.
  13. Dibutuhkan 3 batang of sereh digeprek.
  14. Diperlukan of Bumbu halus.
  15. Gunakan 12 siung of bawang merah.
  16. Gunakan 10 siung of bawang putih.
  17. Siapkan 5 butir of kemiri dibakar.
  18. Diperlukan 1 sdt of ketumbar sangrai.
  19. Siapkan 1 sdt of merica utuh hancurkan.
  20. Sediakan 1 telunjuk of kunyit dibakar.
  21. Ambil of Blender halus semua jadi satu.
  22. Dibutuhkan of Bumbu koya.
  23. Diperlukan 5 of kerupuk udang.
  24. Dibutuhkan 3 siung of bawang putih iris halus dan goreng.
  25. Siapkan Sedikit of garam.
  26. Dibutuhkan of Blender semua jadi satu.
  27. Gunakan of Topping.
  28. Dibutuhkan of Soun/bihun.
  29. Sediakan of Telur rebus.
  30. Siapkan of Kol iris halus.
  31. Dibutuhkan of Tauge.
  32. Diperlukan of Kecambah.
  33. Diperlukan of Daun bawang.
  34. Diperlukan Iris of tomat.
  35. Ambil of Bawang goreng.
  36. Diperlukan of Jeruk nipis.

Tadı o kadar kötüydü ki, tadı, Surabaya'daki ilk çıkışlarında ziyaret ettiğim orijinal soto ile kıyaslandığında tamamen farklıydı. Resep soto ayam ini sesuai dengan tampilan soto pada umumnya, yakni berwarna kuning. Kebanyakan yang terkenal dari soto ayam Surabaya ini adalah nama soto ayam Ambengan. Mungkin banyak yang baru dengar tapi sudah sering mencicipinya.

Proses membuat Soto Ayam Ambengan Koya:

  1. Panaskan air sampai mendidih. sambil menunggu air cuci ayam sisihkan..
  2. Panaskan minyak di wajan tumis bumbu halus dan bahan kering sampai harum. kemudian masukkan ayam yang sudah dicuci bersih aduk rata bersama dengan bumbu sampai ayam setengah matang..
  3. Pindahkan ayam beserta bumbu kedalam panci berisi air yang sudah mendidih. masukkan garam, gula, merica, kaldu ayam. aduk sampai bumbu meresap ke ayam dan berwarna kekuningan. angkat ayam kemudian suir-suir sebagai topping..
  4. Sajikan kuah soto kedalam mangkok beserta topping dan bumbu koya. bagi yang suka pedas boleh juga bikin sambal sendiri sesuai selera masing-masing. selamat mencoba..
Selain soto ayam, ada juga soto daging yang pada dasarnya sama seperti soto ayam, namun Penjual soto ayam memang sudah menjamur. Tapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba Lalu siram kuah secukupnya q. Terakhir tambahkan bawang goreng, kentang goreng, koya, sambal serta. Ciri khas soto ayam Ambengan adalah warna kuahnya lebih kuning pekat karena memakai kunir. Isi kuah juga dicampur dengan koya (bubuk kelapa, kerupuk udang, dan bawang putih).

Mudah bukan membuat soto ayam ambengan koya? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close