Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Semur Terong yang Menggugah Selera!

Coba resep semur terong sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - semur terong! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Semur Terong

Kebanyakan orang takut mulai memasak semur terong karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur terong! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Kali ini giliran semur terong daging giling yang bisa kamu olah. Sajian rumahan memang selalu bikin kangen! Kali ini giliran semur terong daging giling untuk menghangatkan suasana di rumah.

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat menghidangkan semur terong hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep semur terong!

Untuk menghidangkan Semur Terong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 4 buah of terong.
  2. Sediakan 7 butir of bawang merah.
  3. Gunakan 3 siung of bawang putih.
  4. Diperlukan 1 ruas of jahe.
  5. Sediakan 1 ruas of lengkuas.
  6. Dibutuhkan 1 lembar of daun salam.
  7. Dibutuhkan 1 lembar of daun jeruk.
  8. Sediakan 1/2 sdm of ketumbar.
  9. Dibutuhkan 2 batang of serai.
  10. Ambil 2 buah of cabe rawit (optional).
  11. Ambil 1 buah of cabe merah.
  12. Sediakan 1 1/2 butir of kemiri.
  13. Gunakan 1/2 sdt of merica bubuk.
  14. Ambil 1 buah of tomat sedang.
  15. Gunakan secukupnya of Gula dan garam.
  16. Sediakan secukupnya of Kecap.

Berikut resep cara memasak Semur Terong - Makanan bergizi tinggi yang baik bagi kesehatan Dilihat dari sudut pandang kesehatan, Anda tidak salah, karena terong adalah salah satu jenis. Eggplant atau terong (Solanum melongena) adalah tanaman berbunga masuk golongan tanaman 'nigthshade'. Terong masih satu rumpun dengan kentang, tomat dan paprika. Semur adalah hidangan daging rebus dari Indonesia yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkih.

Proses menghidangkan Semur Terong:

  1. Belah terong menjadi dua bagian, kemudian potong sesuai selera, rendam air dengan sedikit garam, lalu goreng setengah matang.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, ketumbar, merica, kemiri dan jahe.
  3. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai, jika sudah harum tambahkan air dan kecap, tunggu hingga mendidih.
  4. Jika sudah mendidih, bumbui dengan garam dan gula, tes rasa.
  5. Jika dirasa sudah pas dilidah, masukkan terong yang sudah digoreng setengah matang.
  6. Tunggu mendidih lagi dan pastikan terongnya tidak terlalu matang, matikan api dan siap dihidangkan.
Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam adalah bahan paling penting dalam proses pembuatan semur karena. Minyak goreng / mentega : secukupnya. Semur is an Indonesian type of meat stew (mainly beef), that is braised in thick brown gravy commonly found in Indonesian cuisine. Terong ungu memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang khas dan nikmat. Umumnya, terong ungu dimasak dengan cara digoreng atau ditumis.

Selamat mencoba resep semur terong! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close