Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kue Wingko Kekinian

Bosan dengan sajian makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep kue wingko ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Perkaya koleksi resepmu dengan kue wingko! Hidangan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Kue Wingko

Kebanyakan orang sudah minder duluan kue wingko karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue wingko! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Nama wingko identik dengan sebutan wingko Babat atau wingko Babad. Selama ini masyarakat Lamongan mengklaim bahwa wingko merupakan makanan khas Lamongan tepatnya dari kecamatan Babat. Kue bingka (Jawi: بيڠك) is an Indonesian traditional cake that is one of the typical traditional Banjar kue mostly associated with South Kalimantan province, Indonesia.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat membuat kue wingko hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin kue wingko yuk!

Untuk memasak Kue Wingko, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 500 grm of tepung ketan putih.
  2. Ambil 2 butir of kelapa kupas lalu diparut(kelapanya jangan terlalu tua).
  3. Sediakan 1 ons of mertega.
  4. Ambil 1 butir of telur.
  5. Gunakan 4 ons of gula.
  6. Sediakan 1 sdt of garam.

Kue bingka also found in Malay cuisine. It has very sweet, fat and soft texture. Wingko merupakan kue yang terbuat dari tepung beras ketan, dipadukan dengan gula dan gurihnya kelapa muda. Nama wingko identik dengan sebutan wingko Babat atau wingko Babad.

Cara menyiapkan Kue Wingko:

  1. Campur semua bahan kecuali tepung ketan,uleni dengan tangan sampai gula sedikit larut,masukan tepung ketan trus aduk sampai rata..
  2. Siapkan loyang ukuran 25×30 alasi dengan daun pisang,menggunakan mertega juga bisa..
  3. Panggang dengan oven suhu 130°, dirak bawah jika sudah terlihat cokelat dibagian pinggir...pidahkan ke rak atas tunggu sampai kecolatan.Pengovenan menggunakan api sedang yaaa biar ga gosong😣😣.
  4. Biasanya pengovenan kurleb 1,5 jam,tergantung jenis ovenya..
  5. Proses pemanggangan bisa menggunakan teflon atau cetakan kue lumpur,tergantung selera dan hasil atau bentuk yang diinginkan.
  6. Memang prosesnya lama,tapi kue yang dihasilkan heeemmm legit banget..
Selama ini masyarakat Lamongan mengklaim bahwa wingko merupakan makanan khas Lamongan tepatnya dari kecamatan Babat. Kue wingko babat ini merupakan makanan khas Semarang yang dibuat dengan bahan dasar kelapa dan juga tepung ketan yang legit dan manis. kue ini jadi hal yang wajib anda beli saat ke Semarang. Tapi jika anda tidak sempat ke semarang, maka anda bisa mencoba resep kue wingko babat yang akan kami bagikan di sini. Sejarah mencatat bahwa kue wingko ini berasal dari kita kecil bernama Babad, letaknya di Tuban, Jawa Timur. Sejak dahulu, kue wingko ini kerap di jual di Babad.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kue wingko. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close