Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Memasak Opor kuning Ayam kampung Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia masak opor kuning ayam kampung yang nikmat? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep opor kuning ayam kampung terbaik! opor kuning ayam kampung adalah salah satu menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Opor kuning Ayam kampung

Banyak orang tidak berani memasak opor kuning ayam kampung karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor kuning ayam kampung! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya. Opor Ayam Kampung Kuning. ayam potong potong cuci bersih, daun jeruk, daun salam, serai simpulkan, lengkuas geprek, air, santan kental saya pakai Opor Ayam ala Kampung. Saat pulang kampung, biasanya dimasakin ini sama ibu, bumbunya sederhana tapi dibuat dengan cinta 😍😍.

Sobat dapat membuat opor kuning ayam kampung hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin opor kuning ayam kampung yuk!

Untuk menghidangkan Opor kuning Ayam kampung, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 ekor of ayam kampung.
  2. Dibutuhkan 1 buah of jeruk nipis.
  3. Ambil 1 lt of air.
  4. Siapkan 400 ml of santan kental.
  5. Diperlukan of Bumbu yang dihaluskan.
  6. Dibutuhkan 2 ruas of jahe.
  7. Ambil 2 ruas of lengkuas.
  8. Gunakan 2 ruas of kunyit.
  9. Siapkan 2 sdt of lada.
  10. Siapkan 4 butir of kemiri.
  11. Dibutuhkan 12 siung of bawang merah.
  12. Sediakan 5 siung of bawang putih.
  13. Dibutuhkan secukupnya of Garam dan penyedap.
  14. Sediakan of Baham cemplung.
  15. Sediakan 4 lembar of daun salam.
  16. Ambil 3 batang of sereh.
  17. Diperlukan 4 lembar of daun jeruk.

Opor ayam adalah masakan yang diolah dengan bahan dasar daging ayam, santan, dan berbagai bumbu seperti kencur, serai, dan sebagainya. Opor ayam ialah hidangan ayam berkuah santan, dan biasanya dinikmati bersama lontong atau ketupat. Hidangan opor biasanya terbuat dari daging ayam dan santan, serta bumbu rempah yang sedap. Di bagian cakar, ayam kampung asli biasanya memiliki warna kuning atau kehitaman.

Langkah-langkah menyiapkan Opor kuning Ayam kampung:

  1. Lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis.
  2. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan ayam dan rempah daun masak hingga ayam lunak.
  3. Tumis bumbu halus, masak hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusn ayam.
  4. Tuang santan kental, masukkan garam dan penyedap, masak hingga mendidih.
  5. Sajikan dengan taburan bawang goreng.
Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai karena rasanya yang bisa memadu dengan opor ayam dan bisa membuatnya semakin nikmat. Menu masakan opor ayam kuah kuning ini merupakan resep masakan sederhana yang enak dan dapat dikonsumsi oleh anak anak maupun Masakan opor ayam paling enak jika menggunakan ayam kampung dewasa dan gemuk supaya kandungan kaldunya dalam kuah berlimpah. Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga membuat masakan yang satu ini memiliki citra rasa yang beraneka ragam dari rempah yang khas dan gurih. Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat opor kuning ayam kampung hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close