Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Soto Ayam Lamongan bubuk Koya Kekinian

Coba resep soto ayam lamongan bubuk koya sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan soto ayam lamongan bubuk koya untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Soto Ayam Lamongan bubuk Koya

Pada umumnya orang malas mulai memasak soto ayam lamongan bubuk koya karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam lamongan bubuk koya! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Resep Asli Soto Lamongan Lengkap Dg Koya Gurih. Misalnya Soto Lamongan, Soto Kediri, Soto Madura, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Contohnya Resep Soto Lamongan tidak menggunakan sembarangan jenis ayam. Resep Soto Ayam - Soto ayam merupakan salah satu dari ratusan ribu kuliner yang ada di Indonesia.

Kalian dapat memasak soto ayam lamongan bubuk koya hanya dengan menggunakan 31 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto ayam lamongan bubuk koya yuk!

Untuk menghidangkan Soto Ayam Lamongan bubuk Koya, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Bahan utama :.
  2. Ambil 1/2 kg of ayam potong.
  3. Dibutuhkan 1 bh of jeruk nipis.
  4. Siapkan of Bumbu halus (diblend) :.
  5. Dibutuhkan 10 buah of bawang merah.
  6. Ambil 5 buah of bawang putih.
  7. Dibutuhkan 1 sdm of ketumbar.
  8. Sediakan 2 bh of kemiri.
  9. Siapkan 1 ruas jari of jahe.
  10. Gunakan 1 sdt of merica bubuk/Ladaku.
  11. Sediakan 1/4 of bubuk kunyit (dimasukkan saat menumis) / 2 cm kunyit diblend.
  12. Dibutuhkan of Bumbu lainnya :.
  13. Sediakan 5 lbr of daun jeruk dirobek2.
  14. Gunakan 2 lbr of daun salam.
  15. Siapkan 2 btg of sereh digeprek.
  16. Sediakan 1 ruas jari of Lengkuas digeprek.
  17. Gunakan 2 btg of daun bawang diiris.
  18. Gunakan of Garam.
  19. Dibutuhkan of Royco rasa ayam.
  20. Sediakan of Bubuk Koya :.
  21. Diperlukan 10 buah of krupuk udang digoreng.
  22. Ambil 5 buah of bawang putih digoreng.
  23. Dibutuhkan of Pelengkap :.
  24. Ambil of Ayam yg sdh direbus lama ditiriskan, disuwir2.
  25. Sediakan of Soun direndam dgn air panas matang dispenser, tiriskan.
  26. Sediakan of Touge cuci bersih, rebus sebentar, tiriskan.
  27. Ambil of Kol cuci bersih, rebus sebentar, tiriskan.
  28. Diperlukan of Telor rebus, dibelah.
  29. Diperlukan of Daun seledri cuci bersih, diiris.
  30. Sediakan of Bawang goreng siap makan.
  31. Gunakan of Sambal goreng (saya skip).

Catatan: Cara membuat sambal soto lamongan, rebus bawang putih, cabai Sambil menunggu kuah mendidih, Anda bisa sambil menyiapkan koya. Resep soto ayam lamongan koya yang enak dan gurih ini, selain bumbu soto dengan kuah kuning, penyajian dengan taburan bubuk koya merupakan ciri khas utama yang membuat soto lamongan benar-benar sedap saat disantap beserta berbagai pelengkapnya. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak.

Proses menghidangkan Soto Ayam Lamongan bubuk Koya:

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Cuci bersih ayam, tiriskan. Peras dan lumuri air jeruk nipis. Diamkan 10-15 menit..
  3. Siapkan panci dan air 2,2 L didihkan. Masukkan ayam, lengkuas sereh daun jeruk daun salam. Biarkan sampai mendidih..
  4. Blender bumbu halus tambahkan sedikit air, kecuali bubuk kunyit..
  5. Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu halus tambahkan bubuk kunyit aduk sampai merata dan harum. Masukkan ke dalam panci ayam tadi. Tambahkan garam, royco rasa ayam, sedikit lada. Aduk & test rasa. Terakhir tambahkan daun bawang. Biarkan sampai mendidih dgn api kecil selama ± 2 jam. Ambil dan tiriskan beberapa ayam lalu suwir2 utk mengurangi minyak. (Bisa juga digoreng 1/2 matang ya).
  6. Siapkan bubuk koya : goreng kerupuk sebentar saja. Goreng bawang putih. Tiriskan. Tunggu sampai minyaknya turun. Lalu blender sampai halus..
  7. Pelengkap : Soun, Touge, Kol, Telor rebus, daun seledri, dan bawang goreng.
  8. Soto ayam siap dimakan dgn nasi hangat..
Rasanya itu istimewa, mirip seperti yang dijual di restoran. Karena pada resep ini kita juga akan bikin koya. Resep cara membuat soto lamongan, salah satu makanan khas jawa timur yang populer. Dilengkapi dengan taburan koya, rasanya makin enak. resep soto ayam lamongan, resep soto ayam kuning, resep soto medan, bumbu soto jawa. Soto pula dinamakan sesuai dengan dalamnya, contohnya soto ayam, soto babat, serta soto kambing.

Mudah bukan membuat soto ayam lamongan bubuk koya? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close