Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: 64* Opor Ayam Kuah Kuning Anti Ribet!

Bosan sama hidangan yang itu-itu saja? Yuk coba resep 64* opor ayam kuah kuning ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Satu lagi menu makanan yang bisa membuat meja makan semakin meriah - 64* opor ayam kuah kuning! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

64* Opor Ayam Kuah Kuning

Banyak orang takut mulai memasak 64* opor ayam kuah kuning karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari 64* opor ayam kuah kuning! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa enak. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Tak melulu berkuah kuning, opor ayam juga ada yang berkuah putih.

Kalian dapat memasak 64* opor ayam kuah kuning hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep 64* opor ayam kuah kuning!

Untuk menyiapkan 64* Opor Ayam Kuah Kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 500 gr of daging ayam, rebus, tiriskan.
  2. Siapkan 1 liter of santan dari 250gr kelapa parut.
  3. Gunakan 4 butir of telur ayam, rebus, kupas kulitnya.
  4. Ambil Sesuai selera of gula, garam, kaldu bubuk.
  5. Gunakan of Bumbu Halus :.
  6. Siapkan 6 siung of bawang merah.
  7. Sediakan 2 siung of bawang putih.
  8. Diperlukan 2 sdt of ketumbar.
  9. Diperlukan 1 sdt of jinten.
  10. Diperlukan 1/2 sdt of lada butiran.
  11. Diperlukan 4 butir of kemiri.
  12. Ambil 4 cm of kunyit.
  13. Gunakan 2 cm of jahe.
  14. Ambil of Tambahan :.
  15. Ambil 2 lembar of daun salam.
  16. Diperlukan 2 lembar of daun jeruk.
  17. Sediakan 1 batang of sereh, geprek.
  18. Gunakan 1/2 jempol of lengkuas.
  19. Siapkan 2 sdm of minyak goreng untuk menumis bumbu.

Kelezatannya pun sama kok seperti yang kuning. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian rempah-rempah sehingga kuah santan memiliki warna kekuningan. Kelezatan opor ayam sudah tidak di ragukan lagi, pasalnya rempah-rempah yang terkandung di dalamnya memiliki. Di dalam kuah gurihnya resep opor ayam terkandung memori tentang perayaan serta cerita tentang kampung halaman.

Langkah-langkah membuat 64* Opor Ayam Kuah Kuning:

  1. Tumis bumbu halus masukkan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas, masak dengan api sedang sampai wangi dan bumbu benar² matang agar tidak langu.
  2. Dalam panci masak santan hingga mendidih sambil terus di aduk, agar santan tidak pecah, tambahkan bumbu yang sudah di tumis tadi ke dalam panci, aduk rata.
  3. Setelah mendidih masukkan ayam yg sudah di rebus tadi aduk² agar bumbu tercampur rata dan meresap ke dalam daging ayam, beri garam, gula dan kaldu bubuk (jika suka/sesuai selera) Masukkan telur rebus, masak sebentar saja dan koreksi rasa, jika sudah pas matikan api kompor.
  4. Sajikan dengan taburan bawang goreng, dapat juga di nikmati dengan sambel terasi sebagai pelengkapnya 👌🏻😋.
Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan. Ketiganya menciptakan cita rasa earthy, gurih, dan aroma yang menggugah selera serta. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat 64* opor ayam kuah kuning hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close