Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Soto Ayam Kudus Anti Gagal!

Lagi pengen coba resep soto ayam kudus yang paling lezat? Tidak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto ayam kudus terbaik! Hidangan soto ayam kudus ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Soto Ayam Kudus

Banyak orang tidak berani memasak soto ayam kudus karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam kudus! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia, and popular in Singapore, Malaysia and Suriname. Resep soto ayam kudus kuah bening asli rahasia masakan peninggalan leluhur. Lihatlah cara membuat bumbu masakan soto kudus supaya menghasilkan kaldu kuah soto yang lezat.

Kamu dapat menyiapkan soto ayam kudus hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep soto ayam kudus!

Untuk menyiapkan Soto Ayam Kudus, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 ekor of ayam kampung.
  2. Ambil 3 liter of air.
  3. Diperlukan 2 bh of serai.
  4. Dibutuhkan 3 lembar of daun jeruk.
  5. Siapkan 4 lembar of daun salam.
  6. Dibutuhkan of tauge (saya beli 3000 di warung).
  7. Sediakan 2 of daun bawang.
  8. Gunakan of bawang putih goreng.
  9. Dibutuhkan of bawang merah goreng.
  10. Siapkan 6 butir of telur ayam.
  11. Sediakan Secukupnya of cabe rawit.
  12. Sediakan of Bumbu halus.
  13. Siapkan 20 siung of bawang merah.
  14. Diperlukan 10 siung of bawang putih.
  15. Gunakan 8 butir of kemiri sangrai.
  16. Diperlukan 1 sdt of ketumbar.
  17. Sediakan 2 sdt of merica.
  18. Gunakan 1/2 sdt of jinten.
  19. Sediakan 2 ruas of kunyit.
  20. Diperlukan 2 ruas of jahe.

Soto ayam kudus merupakan resep masakan indonesia asli yang cukup terkenal. Banyak rumah makan yang menyediakan menu soto ayam dari kudus ini. Soto kudus (Hanacaraka:๊ฆฑꦺꦴ๊ฆ ꦺꦴ ๊ฆꦸ๊ฆขꦸ๊ฆฑ꧀) adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto kudus, hampir mirip dengan soto Lamongan, soto kudus berisi suwiran ayam dan taoge.

Proses menghidangkan Soto Ayam Kudus:

  1. Rebus daging ayam dengan air dingin. Ini adalah kunci untuk membuat kaldu yang gurih. Kita rebus daging dengan air dingin sehingga pori-pori daging akan terbuka seiring kenaikan suhu air. Dengan begitu kaldu akan keluar dan larut dalam air. Kita cukup menyaring atau mengambil busa/kotoran yg mengambang saja (tdk sampai membuang air rebusan)..
  2. Haluskan bumbu. Tumis dengan minyak panas, masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk..
  3. Sambil menunggu daging empuk, rebus cabe rawit dan telur ayam sebagai pelengkap. Kurang lebih selama 15 menit..
  4. Masukkan tauge ke dalam air panas, tiriskan. Iris tipis daun bawang dan jeruk nipis. Belah 2 telur ayam, ulek cabe rawit..
  5. Setelah daging empuk (kurang lebih 1 jam setengah, tergantung tingkat ketuaan ayam kampung), pisahkan dari kuah, suwir-suwir. (resep asli ayamnya digoreng dulu baru disuwir)..
  6. Tata dalam mangkuk, nasi, tauge, daun bawang, ayam, telur, perasan jeruk nipis, daun bawang, bawang goreng dan kecap. Tuang kuah soto. Sajikan panas..
  7. Soto khas kudus siap dinikmati bersama kerupuk udang. Jangan lupa berbagi dengan tetangga atau sanak saudara..
  8. Rasanya mbokbyar apalagi ditambah sambalnya..
Terkadang soto kudus juga menggunakan daging kerbau. Selain suwiran daging ayam, semangkuk soto Kudus juga terisi dengan taoge dan telur rebus. Soto ini bisa dijadikan sebagai salah satu kreasi hidangan lezat untuk keluarga Anda di rumah. Mulai dari soto Kudus, Soto bandung, Soto Betawi, dll. Makanan jenis ini sangat populer di semua Disini akan dijelaskan cara membuat soto.

Selamat mencoba resep soto ayam kudus! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close