Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sayur Asin Anti Gagal!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep sayur asin ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! sayur asin cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk makanan perayaan hari besar.

Sayur Asin

Banyak orang tidak berani memasak sayur asin karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asin! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibuat terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat memasak sayur asin hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin sayur asin yuk!

Untuk menyiapkan Sayur Asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 batang of sawi entong/sawi pait.
  2. Gunakan 1/2 bagian of gula merah (disisir).
  3. Sediakan 4 sdm of garam.
  4. Gunakan 4 sdm of gula pasir.
  5. Ambil 5 cm of jahe (iris).
  6. Diperlukan of Air cucian beras (cucian yang 1 dan 2, karena masih kental).
  7. Siapkan of Air kelapa (Skip).

Proses memasak Sayur Asin:

  1. Siapkan semua bahan, termasuk air cucian beras. Kalau ada air kelapa boleh ditambahkan, supaya rasa asamnya lebih dihasilkan. (Saya gak pakai air kelapa, karna gak ada...☺) asamnya tetep keluar tapi gak terlalu Asam (cukupan)..
  2. Layukan sawi (jangan terlalu layu) dengan cara dijemur sebentar, atau di siram air panas sejenak. (Saya dengan cara disiram air panas)..
  3. Siram sawi dengan air biasa, agar sawi tidak semakin melayu. Peras dan beri garam dan gula bolak-balik agar garam dan gula meresap..
  4. Pindah sawi yang sudah diberi garam dan gula dalam wadah /toples plastik. Masukan gula merah dan irisan jahe diatasnya, kemudian tambahkan air cucian beras sampai sawi terendam. Tutup rapat dan tunggu hingga 5 - 6 hari..
  5. Setelah 6 hari. Angkat sawi asin dan cuci hingga bersih (bila langsung dimasak)..
  6. Sayur Asin siap dimasak... 👍 bila tidak ingin segera dimasak, bungkus sayur dalam plastik dan beri air rendaman secukupnya. Simpan dalam kulkas atau freezer. Selamat mencoba... 🤗.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat sayur asin. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close