Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: 28. Opor Ayam Kuning Untuk Pemula!

Lagi mencari resep 28. opor ayam kuning yang paling enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep 28. opor ayam kuning terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan 28. opor ayam kuning! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

28. Opor Ayam Kuning

Kebanyakan orang tidak berani memasak 28. opor ayam kuning karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari 28. opor ayam kuning! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa lezat. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya. Resep opor ayam biasanya tidak berdiri sendiri.

Kalian dapat menghidangkan 28. opor ayam kuning hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin 28. opor ayam kuning yuk!

Untuk memasak 28. Opor Ayam Kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 kg of ayam.
  2. Sediakan 5 butir of telur rebus(boleh skip).
  3. Sediakan 200 ml of santan kara/ 100ml santan kara kental.
  4. Diperlukan 600 ml of air.
  5. Sediakan 2 sdt of garam.
  6. Siapkan 2 sdt of kaldu bubuk.
  7. Diperlukan 1 sdt of gula pasir.
  8. Siapkan 2 batang of sereh.
  9. Dibutuhkan 5 lembar of daun salam.
  10. Gunakan 5 lembar of daun jeruk.
  11. Gunakan of πŸ’œBumbu yang dihaluskan:.
  12. Dibutuhkan 10 siung of bawang merah.
  13. Sediakan 8 siung of bawang putih.
  14. Diperlukan 6 butir of kemiri.
  15. Sediakan 2 sdt of kunyit bubuk.
  16. Siapkan 3 sdt of ketumbar bubuk.
  17. Sediakan 2 sdt of merica bubuk.
  18. Dibutuhkan 1 ruas of jahe.
  19. Siapkan 1 ruas of lengkuas.

Daerah Sumatera biasanya menghidangkan opor ayam sejajar dengan telur balado, rendang, serta keripik pedas. Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan. Ketiganya menciptakan cita rasa earthy, gurih. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special yang Cara Membuat Opor Ayam - Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Indonesia. Antero akan bagikan resep opor ayam spesial namun cara pembuatannya sederhana karena orang yang tidak biasa masak pun bisa membuatnya seperti koki lestoran ternama.

Langkah-langkah menyiapkan 28. Opor Ayam Kuning:

  1. Potong ayam sesuai selera, cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis ato jeruk purut. Diamkan selama 15 menit..
  2. Haluskan bumbu. Boleh di blender ato diulek. Kalau diblender beri minyak goreng secukupnya sebagai pengganti air..
  3. Panaskan minyak sedikit. Tumis bumbu halus sampai harum..
  4. Tambahkan sereh, daun salam dan daun jeruk. Tumis sebentar sampai layu..
  5. Masukkan ayam. Tumis sampai ayam mengeluarkan minyak sambil trus diaduk agar tidak gosong..
  6. Masukkan air. Masak sampai ayam empuk. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk..
  7. Tambahkan telur rebus (boleh skip). Kemudian tuangkan santan. Aduk sampai merata. Tunggu sampai mendidih sambil terus diaduk pelan..
  8. Setelah mendidih, matikan api kompor. Opor siap dihidangkan. Beri taburan bawang goreng agar lebih mantap rasanya. Selamat mencoba, ditunggu recooknya, bunsay 😘.
Opor ayam kuning jadi hidangan ikonik saat lebaran. Memang di Indonesia kurang afdol rasanya berlebaran tanpa ada sajian opor di rumah. Opor ayam kuning biasa disantap setelah shalat Ied. Dimakan bersama dengan keluarga hingga tamu yang datang ke rumah. Bumbu opor ayam super enak. ada varian putih ( tanpa kunyit) atau kuning ( dengan kunyit), bisa sesuai selera. bisa plih sesuai ukuran ayam yg mau di masak., dilengkapi dengan rempah dan bumbu asli.di jamin enak.

Selamat mencoba resep 28. opor ayam kuning! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close