Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mata bagong Anti Gagal!

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep mata bagong ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! mata bagong cocok untuk makanan sehari-hari di rumah maupun untuk makanan perayaan.

Mata bagong

Banyak orang malas mulai memasak mata bagong karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mata bagong! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Secara umum ada beberapa bagian-bagian mata seperti kornea, iris, pupil, lensa, retina dan sklera. Ki Lurah Bagong adalah nama salah satu tokoh punakawan dalam kisah pewayangan yang berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tokoh ini dikisahkan sebagai anak bungsu Semar.

Teman-teman dapat menghidangkan mata bagong hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin mata bagong yuk!

Untuk memasak Mata bagong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1200 gr of ubi singkong parut.
  2. Ambil 350 gr of gula pasir.
  3. Sediakan 3 bungkus of agar-agar plain.
  4. Dibutuhkan 1 sdm of kelap parut.
  5. Ambil 3 buah of pisang raja ukuran besar (kukus).
  6. Gunakan 1 sdt of vanili.
  7. Gunakan 1 sdt of garam.
  8. Diperlukan of Buat baluran.
  9. Dibutuhkan 300 gr of kelapa parut (kukus dgn 1sdm gula dan sejumput garam).
  10. Dibutuhkan sesuai selera of Pewarna makanan.
  11. Diperlukan Plastik of wraping.

Dalam pewayangan Sunda juga terdapat tokoh panakawan yang identik dengan Bagong. The Bagong Alyansang Makabayan (lit. '"New Patriotic Alliance"') or Bayan is an alliance of left-wing Philippine organizations. Mata- Ito ay nagsisibolo ng katatagan at kasipagan. Mailalarawan sa mga mata ni Sitti ang kabusilakan ng kanyang intensyon at kung gaano niya pinagsisikapan na makamit ang kanyang mga pangarap.

Langkah-langkah menyiapkan Mata bagong:

  1. Siapkan bahan. Aduk rata semua bahan kecuali kelapa parut but baluran. Bagi adonan sesuai warna yg diinginkan.
  2. Siapkan plastik wraping diatas piring. Tuang adonan sesuai warna. Letakkan pisang di tengah. Lalu gulung. Ikat kedua ujung plastik wraping. Bisa menggunakan karet atau langsung ikat plastiknya.
  3. Kukus sampai matang. Sekitar 15 menit. Angkat. Lalu potong-potong. Kalau saat di potong ternyata adonan yang di tengah belum cukup matang, potongan masih bisa di kukus kembali..
  4. Setelah matang semua, balurkan ke kelapa parut yg sudah di kukus dengan gula pasir dan garam..
Mata adalah bagian yang sangat penting, karena merupakan salah satu dari panca indera manusia. Bagian ini adalah bagian terluar mata, kornea sendiri memiliki karakteristik kuat dan tembus terhadap. Salah satu punakawan yang selalu membuat pertunjukan wayang kulit atau wayang orang Ki Lurah Bagong wujudnya pendek gemuk, hidung besar, mata dan mulut lebar dan memble, lugu. Matanya juling yang menandakan ia tidak mau melihat hal-hal yang mengundang kejahatan. Tangannya melengkung, hal ini menggambarkan untuk tidak merampas hak orang lain.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mata bagong hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close